Dukcapil Jakpus Gelar Layanan Jemput Bola di Kemayoran

Selasa, 22 Maret 2022 Reporter: Anita Karyati Editor: Budhy Tristanto 3473

Sudin Dukcapil Jakpus Gelar Layanan Jemput Bola Kamsa

(Foto: Anita Karyati)

Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sudin Dukcapil) Jakarta Pusat, Selasa (22/3), menggelar layanan jemput bola di Sekretariat RW 07 Kelurahan Kemayoran. Layanan ini salah satu upaya mewujudkan program  Kampung Sadar Administrasi Penduduk (KAMSA).

Hasil evaluasi di lapangan, ternyata layanan jemput bola sangat diminati warga

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kasudin Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Pusat, Ginanjar, dalam giat ini pihaknya melayani berbagai pengurusan administrasi kependudukan, di antaranya perekaman dan pencetakan e-KTP,  pencetakan kartu identitas anak (KIA), akta lahir, akta kematian, akta perceraian, akta perkawinan, serta pencetakan Kartu Keluarga (KK).

Dia menjabarkan, dalam giat yang dilaksanakan mulai pukul 09.00 hingga 12.00 ini tercatat ada 93 warga terlayani, dengan rincian 32 warga mengurus KK, lima mengurus KIA, akte lahir tujuh warga, dan yang mengurus akte kematian satu orang. 

Kemudian, ada 13 warga melakukan percetakan e-KTP dan satu melakukan perekaman, update Nomor Induk Kependudukan ada enam orang, dan 28 orang melakukan konsultasi.    

"Paling banyak warga mengurus KK, karena sekarang update menggunakan barcode," kata Ginanjar.  

Sebelum di Kemayoran, jelas Ginanjar, pihaknya sudah melakukan layanan jemput bola di Kelurahan Kebon Sirih. Rencananya, Rabu (23/3) besok, layanan akan dilakukan di Kelurahan Cempaka Putih Timur.

"Hasil evaluasi di lapangan, ternyata layanan jemput bola ini sangat diminati warga," tukasnya.

Lurah Kemayoran, Rachmat Fadjar, mengapresiasi layanan jemput bola dari sudin Dukcapil ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat membantu warga yang selama pandemi lebih banyak berdiam diri di rumah dan menunda mengurus adminitrasi kependudukannya.  

"Layanan ini kita tempatkan di RW 07 karena lokasi yang strategis. Antusias warga sangat tinggi untuk memanfaatkan layanan jemput bola ini," ujarnya.

Sementara, Febriana Kristina (34), salah seorang warga RT 02/07 Kelurahan Kemayoran, mengaku sangat terbantu dengan adanya layanan seperti ini, karena dirinya tak perlu repot datang ke kantor kelurahan atau Sudin Dukcapil untuk mengurus perizinan.

"Ini sangat membantu sekali, tadi saya mengganti akte kelahiran anak saya dan pengurusannya cepat. Kita berharap layanan seperti ini terus ada setiap saat," tutupnya.

BERITA TERKAIT
Dinas Dukcapil Gencarkan Layanan Jemput Bola Adminduk di Panti Sosial

Dinas Dukcapil Gencarkan Layanan Jemput Bola Adminduk di Panti Sosial

Rabu, 09 Maret 2022 3131

Sudin Dukcapil Gelar Forum Konsultasi Publik

Sudin Dukcapil Jaktim Gelar Forum Konsultasi Publik

Senin, 21 Maret 2022 2537

Disdukcapil DKI Jakarta Buka Posko Layanan Kependudukan di Lokasi Kebakaran

Layanan Adminduk Dibuka untuk Warga Terdampak Kebakaran

Senin, 21 Maret 2022 2244

BERITA POPULER
Ribuan Satuan Pendidikan di Jakarta Ikuti Urban Sustainability Education 2025

1.799 Pelajar Ikuti Urban Sustainability Education 2025

Sabtu, 06 Desember 2025 1587

Pramono Anung Melaunching PAM Jaya JEKATE Running Series

Pramono Resmikan Ceremony Kick Off PAM Jaya JEKATE Running Series

Minggu, 07 Desember 2025 969

Ratusan penari mengikuti kegiatan Tari Massal di Pantai Sunrise

Aksi Tari Massal di Pantai Sunrise Perkuat Daya Tarik Wisata Budaya

Sabtu, 06 Desember 2025 837

Seorang warga menggunakan payung berjalan saat cuaca hujan

Hujan Diprediksi Basahi Jakarta Hari Ini

Kamis, 04 Desember 2025 1262

Pramono menggunakan QRIS Tap untuk memasuki Stasiun LRT Pegangsaan Dua

Pramono Resmikan QRIS Tap dan Ruang Baca di Stasiun LRT Pegangsaan Dua

Kamis, 04 Desember 2025 1187

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks