Warga Pondok Labu Manfaatkan Lahan Tidur Jadi RTH Pertanian

Rabu, 27 Oktober 2021 20:41 Reporter : TP Moan Simanjuntak Editor : Budhy Tristanto 1730

(Foto: TP Moan Simanjuntak - Beritajakarta.id)

Warga RT 03/06, Kelurahan Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, manfaatkan lahan tidur milik TNI AL menjadi lahan Ruang Terbuka Hijau (RTH) untuk pertanian.

Kami bersyukur lahan tidur itu jadi bernilai ekonomis

Warga yang tergabung dalam Kelompok Tani Lestari ini, memanfaatkan 1.500 dari 3.000 meter persegi luas lahan tidur tersebut sejak 2018 lalu

Penanggungjawab RTH Lestari, Eko prihatin mengatakan, lahan tersebut ditanam pohon produktif berupa, Mangga, Jambu, Pete, Durian, Sukun. Ada pula tanaman pelindung seperti Pohon Mahoni, Bambu, Sengon, Kelapa dan lain lain. Kemudian tanaman sayuran Kangkung, Sawi, Bayam, Terong dan Cabai. Di lahan itu juga ada tanaman hias serta kolam yang diisi Ikan Lele, Nila dan Patin.

"Hasil dari RTH seperti sayuran dan ikan, kami bagi pada masyarakat kurang mampu.  Sisanya dibagikan ke pengelola RTH. Ke depan pemanfaatan lahan akan kami perluas lagi," ucapnya, Rabu (27/10).

Plt Camat Cilandak, Djaharuddin, mengapresiasi warga yang telah memanfaatkan lahan tidur tersebut jadi lahan produktif dengan bantuan dari Sudin KPKP, Sudin Lingkungan Hidup dan SKPD terkait lainnya. 

Menurut Djaharuddin, pihaknya dengan SKPD terkait akan terus melakukan pembinaan pada warga kelompok tani yang mengelola RTH itu, hingga berkembang dan semakin bertambah luas. Sehingga hasilnya dapat dijual untuk menambah penghasilan dan membeli bibit.

"Kami bersyukur lahan tidur itu jadi bernilai ekonomis," tutupnya.