Kelurahan Duren Tiga Budidaya Tanaman Anggur

Kamis, 07 Oktober 2021 18:16 Reporter : TP Moan Simanjuntak Editor : Budhy Tristanto 644

(Foto: TP Moan Simanjuntak - Beritajakarta.id)

Kelurahan Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, melakukan budidaya tanaman Anggur di RPTRA Durian Tiga Jalan Simpang Tiga Kalibata RT 05/03.

Ini juga untuk edukasi warga bercocok tanam

Lurah Duren Tiga, M. Mursid mengatakan, pembibitan dan penamanan Anggur di RPTRA Durian Tiga ini dilakukan Poktan Garasi Anggur Duren Tiga bersama kader PKK, pengelola RPTRA dan anggota PPSU, sejak dua bulan lalu.

Menurut Mursid, upaya budidaya tanaman Anggur ini juga dalam rangka melengkapi fungsi RPTRA sebagai tempat edukasi dan sosialisasi.  

"Ini juga untuk edukasi warga bercocok tanam," ucap Mursid, Kamis (7/10).

Disebutkan Mursid, saat ini ada sekitar 300 pohon Anggur dengan lima varian yang ditanam di lahan RPTRA tersebut. Pohon Anggur ini ditanam dalam dua greenhouse dengan ukuran masing-masing 8x6 dan 4x6 meter persegi.

"Dengan dilakukan pembibitan dan penanaman pohon anggur, maka RPTRA Durian Tiga jadi sentra Anggur Kecamatan Pancoran," kata Mursid.

Ketua Poktan Garasi Anggur Duren Tiga, Siswanto menambahkan, lima jenis pohon Anggur yang ditanam adalah Anggur Jupiter, Ninel, Akademik Avidzba, Transfiguration dan Dixon.

"Lima jenis pohon anggur itu merupakan pohon anggur yang mudah berbuah," tandasnya.