Pemkot Jaktim Bakal Bangun Saluran Phb dan Crossing di Jl I Gusti Ngurah Rai

Rabu, 22 September 2021 21:18 Nurito 633

(Foto: Nurito - Beritajakarta.id)

Sudin SDA Jakarta TImur menyosialisasikan rencana pembangunan saluran penghubung (Phb) dan crossing saluran air di Jl I Gusti Ngurah Rai, Klender, Duren Sawit, Rabu (22/9).

Kami harapkan proyek penanggulangan banjir ini akan selesai tepat waktu

Sosialisasi yang diikuti 30 peserta dari stakeholder dan pemilik jaringan utilitas ini dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Jakarta Timur, Kusmanto.

Menurut Kusmanto, pembangunan saluran penghubung (Phb) sepanjang 878 meter dan crossing saluran air sepanjang 30 meter ini merupakan tindak lanjut dari usulan warga yang diajukan beberapa tahun lalu. Sebab, wilayah tersebut sering tergenang saat musim hujan.

“Dengan sosialisasi ini kita ingin agar masyarakat memaklumi saat proses pembangunan yang memakan waktu sekitar dua setengah bulan,” kata Kusmanto.

Diungkapkan Kusmanto, karena proyek saluran air berada di sebagian badan jalan di sisi utara Jl I Gusti Ngurah Rai, dipastikan akan terjadi kemacetan lalu lintas. Karena itu, pihaknya meminta bantuan Satwil Lantas dan Sudin Perhubungan Jakarta Timur untuk membantu pengaturan arus kendaraan.

Kasudin SDA Jakarta Timur, Santo menyebutkan, targetnya pada akhir September ini proyek senilai Rp 8,5 miliar ini dapat dikerjakan langsung. Saluran Phb yang akan dibangun sepanjang 878 meter, menggunakan box culvert berukuran 2,5 meter. Sedangkan crossing saluran air sepanjang 30 meter menggunakan beton berukuran 1,5 meter.

Sepekan sebelum pekerjaan, kata Santo, pihaknya akan memasang spanduk rencana pembangunan dua item pekerjaan tersebut.

“Rencana awal, pembuatan saluran air dibangun di saluran eksisting yang ada. Namun dampaknya ada 90 pohon yang ditebang. Untuk menghindari adanya penebangan pohon maka saluran air akan dibangun di badan jalan,” kata Santo.

Dia menambahkan, setelah pembuatan saluran air selesai, akan dibuatkan bak kontrol di setiap 10 meter. Kemudian di atasnya akan dipasangi beton cor.

"Kami harapkan proyek penanggulangan banjir ini akan selesai tepat waktu," tandasnya.