Sodetan di Waduk Tiu Ditarget Kelar Akhir Bulan Ini

Rabu, 15 September 2021 14:31 Reporter : Nurito Editor : Budhy Tristanto 800

(Foto: Nurito - Beritajakarta.id)

Pembuatan sodetan di Waduk Tiu, Kelurahan Setu, Cipayung, Jakarta Timur, yang dikerjakan sejak 26 Agustus lalu ditargetkan selesai pada akhir bulan ini.

Outlet atau sodetan ini fungsinya sangat banyak

Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar mengatakan, pembuatan sodetan ini untuk mengatur debit air di Waduk Tiu. Nantinya, sodetan ini menjadi aliran outlet atau akses keluarnya air dari waduk ke ke kali Sunter.

"Outlet atau sodetan ini fungsinya sangat banyak. Misalnya, ketika waduk akan dikuras ada akses pembuangan airnya. Kemudian, ketika di Jakarta hujan deras maka pintu air ini akan ditutup. Namun ketika kemarau dibuka kembali," kata Anwar, saat melakukan peninjauan ke Waduk Tiu, Rabu (15/9).

Selain pembuatan sodetan, jelas Anwar, di Waduk Tiu ini juga sedang dilakukan pengerukan dengan tiga alat berat jenis long arm.

"Pengerukan dalam rangka normalisasi agar daya tampung waduk bisa lebih banyak," tuturnya.

Kasudin SDA Jakarta Timur, Santo menambahkan, panjang sodetan yang dibangun di Waduk Tiu ini kurang lebih 13 meter. Sodetan ini dibangun dengan menggunakan box culvert berukuran 1.5 x 1.5 meter persegi.

"Sodetan ini mulai dikerjakan pada 26 Agustus lalu dan ditargetkan akhir bulan ini rampung. Mudah-mudahan ini sangat berfungsi dalam pengaturan debit air di Waduk Tiu," pungkas Santo.