Dua RW di Cipinang Melayu Terima Bantuan Mesin Pencacah Sampah

Kamis, 09 September 2021 19:11 Nurito 426

(Foto: Nurito - Beritajakarta.id)

Bank Sampah RW 12 dan 09 Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur, mendapatkan bantuan mesin pencacah sampah dan timbangan digital dari PT Jasa Marga, Kamis (9/9).

Bantuan ini sangat bermanfaat untuk pengolahan sampah di wilayah kami,

Bantuan yang dikemas dalam program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) Persampahan ini diserahkan secara simbolis dari PT Jasa Marga pada Lurah Cipinang Melayu, Arroyantoro di kantor RW 12.

Lurah Cipinang Melayu, Arroyantoro mengatakan, mesin pencacah sampah dan timbangan digital ini akan menjadi aset Bank Sampah Kasih Jumilah di RW 12 dan Bank Sampah Flamboyan RW 09.

"Bantuan ini sangat bermanfaat untuk pengolahan sampah di wilayah kami," kata Arroy.

Dia berharap, dua RW penerima bantuan ini dapat mengoptimalkan peralatan yang ada, sehingga bisa menjadi contoh bagi wilayah lainnya dalam pengolahan sampah.

Head Department Community Development PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Titi Purwantiningsih menyatakan, bantuan yang diberikan ini sebagai bentuk kepedulian pihaknya terhadap lingkungan sekitar.

"Kami akan dukung kegiatan masyarakat dalam mengurangi volume sampah di Ibu Kota," tegasnya.  

Ketua RW 12 Cipinang Melayu, A Honggo Djalu mengungkapkan, selama November 2018 hingga Agustus 2021, Bank Sampah Kasih Jumilah di wilayahnya berhasil menjual sampah daur ulang dengan nilai total Rp 433 juta.

"Uangnya digunakan untuk operasional bank sampah dan sebagiannya dibagikan pada warga yang terlihat aktif di bank sampah tersebut," ucapnya.