Setu Babakan Dideklarasikan sebagai Simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional

Jumat, 03 September 2021 19:10 Reporter : TP Moan Simanjuntak Editor : Budhy Tristanto 446

(Foto: TP Moan Simanjuntak - Beritajakarta.id)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mendeklarasikan Desa Wisata Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, sebagai simbol kebangkitan ekonomi nasional,

Hari ini kami mendeklarasikan bahwa Desa Wisata Perkampungan Betawi sebagai simbol kebangkitan ekonomi nasional

Pendeklarasian ini disampaikan Sandiaga Uno, Jumat (3/9), saat mengunjungi sekaligus menobatkan Setu Babakan sebagai 50 desa wisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

"Hari ini kami mendeklarasikan bahwa Desa Wisata Perkampungan Betawi sebagai simbol kebangkitan ekonomi nasional," tegas Sandiaga Uno.

Menurut Sandiaga, Desa Wisata Perkampungan Betawi telah memenuhi tujuh kategori yang ditetapkan oleh ADW yaitu adanya homestay, toilet yang bersih, suvenir, desa digital, menerapkan protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health , Safety dan Environment Sustainability), memiliki konten kreatif dan daya tarik.

Dia menambahkan, Perkampungan Betawi Setu Babakan selain merupakan tempat pariwisata juga jadi tempat ekonomi kreatif di Kecamatan Jagakarsa yang  mampu menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar. Untuk memaksimalkan potensi tersebut, dirinya memiliki ide untuk membangun kereta gantung di Setu Babakan.

"Seputar Setu Babakan ini ekonominya hidup dan ada beberapa ide menarik yang dapat kita kolaborasikan, misalnya membangun kereta gantung," cetusnya.

Jika di Setu Babakan yang memiliki luas sekitar 100 hektar ini terhubung dengan kereta gantung, lanjut Sandiaga, akan sangat menarik masyarakat untuk berkunjung. Sehingga diharapkan bisa mempercepat kebangkitan perekonomian nasional yang terdampak pandemi COVID-19.

"Harapan kita, Setu Babakan menjadi Desa Wisata Perkampungan Betawi yang berkelas dunia, berdaya saing dan berkelanjutan," tandasnya.