121 Ibu Hamil di Pasar Rebo Telah Divaksin

Jumat, 27 Agustus 2021 12:00 Nurito 491

(Foto: Nurito - Beritajakarta.id)

Hingga saat ini tercatat ada 121 ibu hamil di wilayah Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, yang sudah disuntik vaksin COVID-19 di puskesmas kecamatan dan kelurahan.

Vaksinasi ibu hamil bisa dilakukan di seluruh puskesmas kelurahan dan sentra vaksinasi yang ada 

Wakil Camat Pasar Rebo, Santoso mengatakan, semula layanan vaksinasi ibu hamil digelar di SMPN 203 Kalisari. Namun sejak awal pekan ini layanan vaksinasi dialihkan ke puskesmas kecamatan dan puskesmas kelurahan serta tujuh sentra layanan vaksinasi yang ada.

Dia menjabarkan, 121 ibu hamil yang telah divaksin ini tersebar di Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo sebanyak 87 orang, Kelurahan Pekayon tiga orang, Kalisari 10 orang, Cijantung dua orang, Kelurahan Baru delapan orang dan Kelurahan Gedong 11 orang.

"Untuk mendekatkan layanan, vaksinasi ibu hamil bisa dilakukan di seluruh puskesmas kelurahan dan sentra vaksinasi yang ada di wilayah Kecamatan Pasar Rebo," tuturnya.

Untuk bisa divaksin, jelas Santoso, ibu hamil harus membawa buku KIA. Kemudian usia kehamilan di atas 12 minggu sampai dengan 33 minggu. Selain itu, jarak minimal satu bulan dari imunisasi lainnya.

Dia menambahkan, sentra layanan vaksinasi di luar puskesmas adalah ada di Kecamatan Pasa Rebo tersebar di tujuh lokasi. Yaitu, di SMPN 184 Pekayon, Aula Mawas YONKAV 7 Baru, SDN Kalisari 05, SDN Gedong 12. Kemudian di SDN Pekayon 07, SDN Gedong 01 dan Mall Graha Cijantung.

"Sentra layanan vaksinasi di tujuh itu lokasi juga melayani masyarakat umum, mulai usia 12 tahun ke atas hingga lanjut usia," tandasnya.