Taman RW 05 Batu Ampar Siap Ikuti Lomba Proklim Nasional 2021

Jumat, 27 Agustus 2021 11:08 Nurito 554

(Foto: Nurito - Beritajakarta.id)

Taman dan Bank Sampah Anyelir di Jl Batu Kramat 2 nomor 11 RT 17/RW 05 Kelurahan Batu Ampar, Kramat Jati, Jakarta Timur, menjadi salah satu peserta lomba Program Kampung Iklim (Proklim) 2021 tingkat nasional yang diinisiasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI.

Awalnya, lokasi yang digunakan merupakan lahan tidur yang digunakan sebagai tempat pembuangan sampah ilegal

Camat Kramat Jati, Eka Darmawan mengatakan, taman seluas 800 meter persegi ini menyatu dengan Bank Sampah Anyelir. Awalnya, lokasi yang digunakan merupakan lahan tidur yang digunakan sebagai tempat pembuangan sampah ilegal.    

"Kini lahan tersebut sudah hijau, penuh dengan aneka tanaman. Bahkan ada kolam gizi dan bank sampahnya. Makanya diikutkan menjadi peserta lomba Proklim 2021 tingkat nasional. Rencananya pengumuman pemenang pada akhir Desember nanti," kata Eka, Jumat (27/8).

Kasi Ekbang Kelurahan Batu Ampar, Mutmainah menambahkan, setiap hari ada empat anggota PPSU dan 12 kader TP PKK yang rutin melakukan perawatan di lahan tersebut. PPSU membersihkan rumput, menyiram, melakukan penopingan pohon yang rindang hingga melakukan pemilahan sampah di bank sampah yang ada. Sementara, kader PKK melakukan perawatan dan bercocok tanam.

"Setiap hari kader TP PKK dan PPSU berkolaborasi melakukan perawatan tanaman yang ada di taman ini. Saat ada sayur yang harus dipanen maka kita lakukan panen bersama, hasil panen dinikmati warga sekitar," kata Mutmainah.

Sementara, Ketua TP PKK RW 05, Suharti menjelaskan, penghijauan lahan tidur seluas 800 meter ini mulai dilakukan warga sejak 2006 lalu. Hingga kini berubah menjadi taman dengan aneka jenis tanaman. Tercatat ada sekitar 15 jenis tanaman obat keluarga (Toga). Yakni, jahe merah, kunyit, kemangi, lengkuas, kumis kucing, bangle, temu lawak, sirih, temu kunci, pandan, kembang teleng, jarak, sereh, andelem dan sirih gading.

Selain itu ada aneka sayur mayur, yang ditanam secara bergantian setelah panen. Yakni kangkung, bayam, pakcoy, sawi, kecipir, kacang panjang, terong  dan lainnya. Di taman ini, ada pula  aneka tanaman hias seperti kuping gajah, agronema, lidah buaya, anggrek, bugenvil, melati dan lainnya.

"Sayur mayur ada yang ditanam secara hidroponik dan ada juga langsung ditanam di tanah," ungkap Suharti.

Disebutkan, Bank Sampah Anyelir ini pernah menjadi juara terbaik se DKI Jakarta dalam lomba bank sampah tahun 2019 tingkat provinsi. Kemudian juara kedua dalam lomba daur ulang sampah tahun 2012 tingkat Kota Jakarta Timur.