3.526 Masyarakat Pesisir Jakarta Ikuti Vaksinasi COVID-19 di Sentra Vaksin HIPMI

Minggu, 08 Agustus 2021 01:37 Reporter : Suparni Editor : Toni Riyanto 602

(Foto: doc - Beritajakarta.id)

Sentra Vaksin Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) yang diselenggarakan di Pasar Ikan Muara Baru, Jakarta Utara, pada 5-7 Agustus 2021 sukses membantu nelayan dan masyarakat pesisir. Hingga hari akhir pelaksanaan tercatat 3.526 warga sasaran divaksin di Sentra Vaksin HIPMI tersebut.

Target kami sebanyak 3.000 orang

Ketua Umum HIPMI, Mardani H Maming menyampaikan apresiasi kepada para sponsor atas kolaborasinya dan juga dukungan dinas maupun kementerian sehingga sentra vaksin ini dapat hadir memfasilitasi para nelayan dan masyarakat pesisir.

"Target kami sebanyak 3.000 orang bisa divaksin di sini dengan target harian sekitar 1.250 orang. Sentra vaksinasi ini merupakan bentuk aksi sosial HIPMI kepada masyarakat, khususnya nelayan dan masyarakat pesisir," ujar Maming, dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Sabtu (7/8) malam.

Maming menjelaskan, Sentra Vaksin HIPMI ini melibatkan kolaborasi dengan berbagai pihak, di antaranya didukung oleh Jaya Raya, Jakarta Experience Board, Transjakarta, Kementerian Kesehatan RI, BNPB, Kementerian KKP, Perindo, TNI AL, Polri dan didukung oleh PT Maming Enam Sembilan, PT Tanah Bumbu Resources, PT Sungai Danau Jaya, PT Borneo Indobara, IBS, Sinarmas Food (Tzu Chi), Danone, Smartfren, Joyday, RNI dan Panasonic.

"HIPMI mendukung setiap program pemerintah dalam rangka penanganan pandemi COVID-19-19. Kami berupaya untuk ikut berkontribusi mempercepat pemulihan kondisi kesehatan di Indonesia sehingga iklim bisnis kembali stabil. Kami sadar betul bahwa semua dapat tercapai jika ada sinergi dari berbagai unsur," terangnya.

Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono mengungkapkan pentingnya untuk menjangkau para nelayan dan masyarakat pesisir sebagai target baru vaksinasi.

Perairan merupakan sektor ekonomi yang banyak sekali menyerap tenaga kerja. Nelayan adalah pekerjaan yang memiliki risiko terpapar cukup tinggi karena mereka harus keluar rumah dan berinteraksi dengan orang banyak.

"Kami mewakili pemerintah pusat berterima kasih kepada teman-teman HIPMI yang telah menunjukkan kepeduliannya pada nelayan dan masyarakat sekitar pasar ikan. Semua target vaksinasi dari pemerintah hanya bisa dicapai dengan kerja sama dan bersinergi," bebernya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Sentra Vaksin HIPMI Hilda Kusumadewi mengaku bersyukur dengan antusiasme masyarakat pesisir untuk mengikuti vaksinasi. Terbukti, dari target 3.000 peserta berhasil terealisasi sebanyak 3.526 orang.

Ia menambahkan, HIPMI juga memberikan santunan sosial berupa sembako pada para nelayan maupun masyarakat yang telah mendapatkan vaksin. Bahkan, ada juga hadiah berupa sepeda motor, sepeda, televisi, rice cooker dan dispenser bagi peserta terpilih.

"Selain memfasilitasi vaksinasi warga, HIPMI juga memberikan menyerahkan lima mobil jenazah kepada BNPB," pungkasnya.

Sebelumnya, untuk dapat melakukan vaksinasi di sentra vaksin HIPMI, masyarakat dapat mendaftar melalui link yang sudah disediakan oleh Hipmi.Net, Aplikasi JAKI, atau bisa langsung datang ke lokasi Sentra Vaksin.

Dalam pembukaan sentra vaksin pada 5 Agustus 2021 hadir pula Menteri Kelautan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono yang mewakili Presiden RI; Menteri Investasi Sekaligus Pembina BPP HIPMI, Bahlil Lahadalia; Kepala BNPB Bapak Letjen Ganip Warsito; Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono; dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Kemudian, Pangdam Jaya Mayjen Mulyo Aji; Danlatamal, Brigjend TNI (Mar) Umar Farouq; Kakorpolairud Polri, Irjen Pol Verdianto Iskandar; Wakapolda Metro Jaya, Brigjend (Pol) Hendro Pandowo; Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim; Direktur Utama Pelindo II, Arif Suhartono; dan Direktur Utama Jakarta Experience Board, Novita Dewi.