124 Peserta di Jakut Ikuti Kelas Berkebun Sesi 2

Rabu, 04 Agustus 2021 13:01 Suparni 471

(Foto: Suparni - Beritajakarta.id)

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara berkolaborasi dengan Tim Penggerak PKK setempat mengadakan Kelas Berkebun Sesi 2. Kegiatan yang berlangsung secara virtual tersebut diikuti 124 peserta.

Memberikan banyak manfaat

Kepala Suku Dinas KPKP Kota Jakarta Utara, Unang Rustanto mengatakan, Kelas Berkebun Sesi 2 ini mengangkat tema "Sukses Tanam Sayuran Buah di Rumah".

"Dalam masa pandemi ini menanam sayuran dan buah di rumah bisa memberikan banyak manfaat. Terutama, untuk pemenuhan pangan bergizi bagi keluarga," ujarnya, Rabu (4/8).

Ketua TP PKK Jakarta Utara, Yenny Nursanti Ali menyampaikan apresiasi kepada Suku Dinas KPKP setempat yang terus berbagi pengetahuan melalui webinar ini. Sehingga, kader PKK bisa lebih kreatif, inovatif dan menghasilkan sesuatu yang positif.

"Semoga materi yang diberikan bisa dipraktikan dan dapat menghasilkan sesuatu seperti memperluas lapangan pekerjaan, meningkatkan pendapatan keluarga hingga berkontribusi terhadap peningkatan perekonomian," ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang narasumber dari Penyuluh Pertanian Sudin KPKP Jakarta Utara, Mohammad Ramdani menambahkan, dalam Kelas Berkebun Sesi 2 ini peserta akan mendapatkan pelajaran budidaya tanaman sayuran buah dari mulai persiapan bibit, persiapan lahan atau media tanam, cara tanam, cara pemeliharaan yang baik dan cara panen yang benar.

Menurutnya, tanah dan lingkungan di DKI Jakarta ini cocok untuk jenis sayuran buah seperti terong, tomat, cabe, buncis, kecipir, pare, kacang panjang dan ketimun.

"Selain teori dan praktik kita juga siap melakukan pendampingan jika dalam kegiatan pertanian mengalami kendala, termasuk jika terjadi serangan hama dan penyakit serta cara mengatasinya," tandasnya.