Kecamatan Matraman Manfaatkan Ambulans Bantuan CSR Evakuasi Pasien COVID

Rabu, 07 Juli 2021 16:14 Nurito 1093

(Foto: Nurito - Beritajakarta.id)

Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, memanfaatkan mobil ambulans bantuan CSR untuk evakuasi warga yang terpapar COVID-19 ke sejumlah rumah sakit.

Ambulans ini kami gunakan mengangkut warga terpapar COVID

Camat Matraman, Andriansyah mengatakan, ambulans bantuan dari PT Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI) ini, awalnya digunakan untuk promosi dan edukasi kesehatan bagi masyarakat. Namun, sekarang dimanfaatkan untuk layanan mobilisasi pengangkutan pasien COVID-19. 

"Ambulans ini kami gunakan mengangkut warga terpapar COVID, yang sudah dapat surat rujukan ke rumah sakit dari Puskesmas Kecamatan Matraman," kata Andriansyah, Rabu (7/7).

Seperti dilakukan pada Rabu pagi tadi, ambulans digunakan untuk evakuasi warga Gang Sengon 3 RT 08/07 Kelurahan Kayu Manis, yang didiagnosa suspek COVID-19 dan hipertensi. Sehingga oleh pihak kecamatan dievakuasi ke RS Harapan Bunda Ciracas dengan dibekali surat rujukan dari Puskesmas Kecamatan Matraman.

Evakuasi melibatkan empat anggota PPSU yang sudah terlatih menangani pasien COVID-19. Mereka seluruhnya mengenakan APD lengkap. Pasien tersebut ditandu dari rumahnya menuju mobil ambulans. Setelahnya langsung dievakuasi ke RS.

"PPSU yang  ditugaskan untuk evakuasi pasien COVID ini sudah dilatih pemulasaran. Kemudian di lokasi pasien juga hadir dokter visit home care," ungkap Andriansyah.