Ini Rangkaian Kegiatan Dinas KPKP Memperingati HUT ke-494 Jakarta

Senin, 21 Juni 2021 22:17 Aldi Geri Lumban Tobing 664

(Foto: - Beritajakarta.id)

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, Pertanian (KPKP) DKI Jakarta mengadakan serangkaian kegiatan untuk memperingati HUT ke-494 Jakarta di antaranya Tanam Serentak Kelas Berkebun, Tanam Mangrove, dan Webinar Penanganan Limbah Pertanian untuk Pembuatan Eco Enzym.

Kolaborasi tetap berjalan

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, Tanam Serentak sebagai tindak lanjut Kelas Berkebun kerja sama antara Dinas KPKP, Dinas Lingkungan Hidup dan Tim Penggerak PKK akan dilaksanakan pada 25 Juni 2021.

"Tanam Serentak direncanakan berlangsung di 1.320 titik di rumah masing-masing peserta. Tanaman yang ditanam adalah sayur, tanaman buah dan tanaman hias. Kami juga merencanakan pelaksanaan panen bersama pada Agustus mendatang," ujarnya, Senin (21/6).

Sementara itu, kegiatan Tanam Mangrove dilaksanakan di Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil oleh Pusat Budidaya dan Konservasi Laut (PBKL) berkolaborasi dengan komunitas pecinta lingkungan laut pada 22 Juni 2021.

"Kami menyiapkan 1.200 bibit mangrove yang akan ditanam," terangnya.

Menurutnya, untuk Webinar Penanganan Limbah Pertanian untuk Pembuatan Eco Enzym dilaksanakan akhir Juni mendatang berkolaborasi dengan Eco Enzym Nusantara dan para penggiat urban farming di Jakarta.

"Seluruh rangkaian kegiatan akan dilangsungkan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat," ungkapnya.

Ia menambahkan, sesuai dengan tema HUT ke-494 Jakarta adalah Jakarta Bangkit maka diharapkan program-program yang dilaksanakan memberikan manfaat luas bagi masyarakat meski dalam kondisi pandemi COVID-19.

"Kolaborasi tetap berjalan, ini menandakan bahwa komunitas punya rasa kebersamaan untuk membantu kelompok-kelompok masyarakat lainnya,” tandasnya.