Pemkab Evaluasi Kepatuhan Prokes Aktivitas Wisata

Senin, 17 Mei 2021 16:59 Reporter : Suparni Editor : Toni Riyanto 699

(Foto: Suparni - Beritajakarta.id)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu melakukan rapat koordinasi (rakor) untuk evaluasi kunjungan wisatawan saat libur Lebaran bersama unsur TNI/Polri serta KSOP Kepulauan Seribu.

Merumuskan SOP terkait teknis pelaksanaan prokes

Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi, masih diperlukan penguatan koordinasi di lapangan untuk memastikan kepatuhan protokol kesehatan (prokes) dan upaya antisipatif lainnya untuk pencegahan penyebaran COVID-19 berjalan optimal.

"Perlu lebih ada kesatuan persepsi antara dermaga keberangkatan dan kedatangan. Kita akan bentuk tim kecil dari masing-masing instansi untuk merumuskan SOP terkait teknis pelaksanaan prokes bagi wisatawan," terangnya, Senin (17/5).

Menurutnya, tim kecil tersebut akan merumuskan teknis pengawasan, pemeriksaan COVID-19 bagi wisatawan dan pelaksanaan lapangannya.

"Jangan sampai wisatawan datang ke Pulau Seribu belum ada hasil negatif COVID-19 dari dermaga asal atau dari wilayah mereka tinggal. Ini menjadi catatan yang wajib dilaksanakan selama pandemi belum berakhir," terangnya.

Ia menambahkan, tidak ada lagi alasan wisatawan datang ke Kepulauan Seribu belum dilakukan swab test (tes usap) untuk antisipasi dan pencegahan penyebaran COVID-19.

"Kita berharap tim kecil ini nantinya dapat bekerja profesional memberikan solusi terbaik untuk perbaikan kegiatan pariwisata di Kepulauan Seribu," tandasnya.