60 Jakpreneur Ramaikan Ramadhan Fest di Mal Artha Gading

Kamis, 06 Mei 2021 14:30 Reporter : Rezki Apriliya Iskandar Editor : Erikyanri Maulana 1057

(Foto: Rezki Apriliya Iskandar - Beritajakarta.id)

Beragam jenis produk unggulan mulai dari makanan, minuman, kerajinan tangan (craft), fesyen, hingga kosmetik dipasarkan dalam Ramadhan Fest 2021 yang diselenggarakan di sisi kanan Atrium Nusantara Lantai 1 Mal Artha Gading, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Ramadhan Fest membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan selama Ramadan sekaligus mempromosikan produk-produk pelaku usaha kecil menengah,

Ramadhan Fest 2021 di Mal Artha Gading berlangsung mulai 1-9 Mei 2021.

Kepala Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Sudin PPKUKM), Yati Sudiharti mengatakan, Ramadhan Fest 2021 di Mal Artha Gading bertujuan menggerakkan kembali perekonomian masyarakat di masa pandemi. Sebagai informasi, di tahun kemarin, bazar produk unggulan Jakpreneur di Jakarta Utara secara offline sempat terhenti karena pandemi kemudian dialihkan dengan pemasaran secara online melalui Bazar Online Jakpreneur Jakarta Utara (BORJU), ABON JAWARA (Ayo Belanja Online di Jakpreneur Warga Jakarta Utara), dan lainnya.

"Ramadhan Fest membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan selama Ramadan sekaligus mempromosikan produk-produk pelaku usaha kecil menengah," ujar Yati, Kamis (6/5).

Menurutnya, sebanyak 60 pelaku UKM binaan Jakpreneur Jakarta Utara meramaikan Ramadan Fest 2021. Para pelaku UKM ini merupakan binaan dari enam UKPD pengampu Jakpreneur di Jakarta Utara yang meliputi Suku Dinas PPKUKM; Suku Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP); Suku Dinas Sosial; Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi; Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif; serta Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP).

Yati menambahkan, Ramadhan Fest juga mendapat dukungan dari berbagai pihak swasta, antara lain Mal Artha Gading sebagai penyedia tempat kegiatan, Bank DKI, PT Mayora Indah dan lainnya yang saling bersinergi dalam menggerakkan perekonomian masyarakat di kegiatan tersebut.

"Kami harap kegiatan bazar seperti ini bisa berkelanjutan sehingga mampu mengembangkan pelaku UMKM di wilayah Jakarta Utara. Dalam pelaksanaannya tetap mengacu pada aturan protokol kesehatan (prokes) COVID-19 agar tidak berisiko dalam penularan COVID-19," ungkapnya.

Salah satu pelaku UKM yang ikut meramaikan Ramadhan Fest 2021, yaitu Syafrina (18). Syafrina merupakan pelaku UKM binaan Jakpreneur Sudin KPKP asal Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja. Di Ramadhan Fest ini ia menjajakan produk kuliner berupa olahan sambal dengan merek "Sambal Mbak Pintul" dan minuman limau asam boi.

"Sambal yang saya jual ada sambal pecel, sambal bawang, sambal rebon cabe ijo, sambal cumi asin. Harganya antara Rp 20.000-Rp 30.000. Lalu ada minuman limau asam boi, harganya Rp 12.000 dan untuk biangnya seharga Rp 50.000," ujar Syafrina.

Syafrina mengungkapkan, dirinya sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan Ramadhan Fest. Ia mengaku sangat terbantu bisa memasarkan produknya lebih luas ke masyarakat di kegiatan tersebut.

"Kegiatan ini sangat bagus untuk mengenalkan produk-produk UKM ke masyarakat luas. Bisa memberikan inspirasi agar lebih kreatif lagi dan mendapat kesempatan promosi di mal-mal terkenal," tandasnya.