Vaksinasi COVID-19 untuk Lansia di Jakut Capai 85 Persen

Rabu, 05 Mei 2021 21:30 Rezki Apriliya Iskandar 754

(Foto: - Beritajakarta.id)

Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Utara mencatat, hingga kini vaksinasi COVID-19 bagi warga lanjut usia (lansia) di wilayahnya sudah mencapai 85 persen.

Kami berharap vaksinasi COVID-19 bagi lansia sudah selesai setelah lebaran,

Kepala Sudin Kesehatan Jakarta Utara, Yudi Dimyati menuturkan, dari hasil pendataan di lapangan, sekitar 86.700 warga lansia atau sebanyak 85 persen telah mendapatkan vaksinasi COVID-19. Sedangkan target yang ditentukan yakni sebanyak 102.000 lansia.

"Vaksinasi COVID-19 bagi warga lansia termasuk prioritas yang harus segera diselesaikan. Kami berharap vaksinasi COVID-19 bagi lansia sudah selesai setelah lebaran," ujar Yudi, Rabu (5/5).

Hingga kini, sambung Yudi, pihaknya terus melakukan upaya untuk bisa mencapai target vaksinasi 100 persen.

"Salah satunya di kelurahan masih terus kami lakukan sweeping terhadap lansia yang belum divaksin. Untuk lansia penyintas COVID-19 yang sudah tiga bulan dinyatakan sembuh dan negatif COVID-19, dipanggil lagi untuk divaksin. Lalu, bagi lansia yang ditunda vaksinasinya karena sakit, kalau sudah sembuh dipanggil lagi untuk divaksin. Layanan di pos-pos RW yang masih banyak lansianya kita terus gencarkan vaksinasinya," jelasnya.

Ditambahkan Yudi, warga lansia bisa divaksin asalkan tensi darahnya tidak di atas 180 mmHG. Kemudian tidak memiliki komorbid (penyakit penyerta) atau ada penyakit yang memang dalam kategori berat sehingga secara fisik tidak memungkinkan divaksin.

"Tetapi kalau penyakit itu terkendali maka mereka bisa divaksin," tandasnya.