Warga Petamburan Antusias Ikut Layanan Restorasi Arsip

Rabu, 10 Maret 2021 16:26 Reporter : Folmer Editor : Budhy Tristanto 717

(Foto: Folmer - Beritajakarta.id)

Warga RW 01 Kelurahan Petamburan, Tanah Abang, antusias memanfaatkan layanan restorasi dan digitalisasi arsip yang digelar Suku Dinas Perpustakaan dan Arsip Jakarta Pusat, Rabu (10/3).

Saya jadi tahu bagaimana menyimpan surat berharga untuk mengantisipasi terjadinya banjir dan kebakaran

Pantauan beritajakarta.id, warga dengan membawa berbagai macam dokumen penting milik mereka silih berganti mendatangi Pos RW 01 Petamburan, tempat dilaksanakannya kegiatan ini.

Salah satunya adalah, Irna Kurniawati. Warga yang tinggal di RT 03 RW 01 Kelurahan Petamburan ini mengaku, membawa sejumlah arsip keluarga di antaranya surat kematian suami, Kartu Keluarga dan surat akta tanah, untuk dibuatkan dokumentasi oleh petugas Sudin Pusip Jakpus.

"Layanan ini sangat membantu. Saya jadi tahu bagaimana menyimpan surat berharga untuk mengantisipasi terjadinya banjir dan kebakaran. Biasanya, kita lupa menyelamatkan arsip keluarga saat terjadi bencana," tuturnya.

Pejabat Fungsional Arsiparis Sudin Pusip Jakarta Pusat, Safrino Okman menjelaskan, layanan jemput bola untuk restorasi dan digitalisasi arsip keluarga ini digelar bertahap di empat lokasi, yakni Kelurahan Petamburan, Bendungan Hilir, Karet Tengsin dan Kebon Melati.

"Layanan ini bertujuan agar warga memiliki dokumentasi arsip keluarga. Sehingga, saat hilang atau rusak lebih mudah mengurusnya," ujar Safrino.

Ia memaparkan, warga membawa berbagai arsip keluarga kepada petugas di lokasi layanan untuk dibuatkan dokumentasi melalui Compact Disk atau dimasukkan ke dalam email. Untuk kegiatan ini, lanjut Safrino, pihaknya sudah berkolaborasi dengan pihak kelurahan, pengurus RT, RW dan kader PKK setempat.  

"Dengan kegiatan ini, kami harap warga mulai membiasakan diri untuk menyimpan berbagai dokumen, guna mengantisipasi terjadinya musibah kebakaran maupun kebanjiran," pungkasnya.