Sudin LH Kepulauan Seribu Berkolaborasi Adakan FGD Pengelolaan Sampah

Reporter : Suparni | Editor : Toni Riyanto | Selasa, 02 Maret 2021 17:24 WIB | Dibaca 767 kali
Sudin LH Kepulauan Seribu Berkolaborasi Adakan FGD Pengelolaan Sampah (Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu melalui Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) setempat berkolaborasi dengan Divers Clean Action (DCA) dalam program Save Our Small Island (SOSIS) menggelar focus group discussion (FGD) tentang pengelolaan sampah di Kepulauan Seribu di salah satu hotel di kawasan Sunter, Jakarta Utara.

" Diselesaikan secara lintas sektoral"

Kepala Sudin LH Kepulauan Seribu, Djoko Rianto Budi Hartono mengatakan, FGD juga diikuti pimpinan dan perwakilan dari organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di Kepulauan Seribu serta perusahaan swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Permasalahan sampah di Kepulauan Seribu harus diselesaikan secara lintas sektoral agar dapat tertangani dengan baik," ujarnya, Selasa (2/3).

Menurutnya, FGD tersebut menghasilkan lima rekomendasi rencana aksi pengelolaan sampah Kepulauan Seribu yang akan melibatkan unsur pemerintah, masyarakat umum, pihak swasta dan instansi non-pemerintah.

Adapun kelima rekomendasi tersebut yakni, penguatan kapasitas dan peran lembaga atau institusi dalam sistem pengelolaan sampah; peningkatan partisipasi pemilahan sampah dan pelayanan pengumpulan sampah; penyediaan alternatif bagi masyarakat dalam pengurangan sampah;  forum koordinasi rutin dan kolaborasi antar pemangku kepentingan.

"Untuk satu rekomendasi lainnya adalah pembiayaan seluruh aktivitas pengelolaan sampah bisa melalui retribusi atau operasional Badan Pengelola Sampah tingkat RW," tandasnya.

TOP