Pengurasan Saluran Penghubung Jl Ahmad Yani Dilanjutkan

Reporter : Nurito | Editor : Budhy Tristanto | Senin, 18 Januari 2021 09:45 WIB | Dibaca 720 kali
Pengurasan Saluran Penghubung Jl Ahmad Yani Dilanjutkan (Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Saluran penghubung (Phb) Jl Ahmad Yani, Utan Kayu Selatan, Matraman, Jakarta Timur, kembali dikuras, Senin (18/1). Progam penanggulangan dan pencegahan genangan ini merupakan lanjutan dari pengerjaan akhir 2020 kemarin.

"Kami targetkan pengerjaan rampung dua bulan ke depan "

Koordinator Satgas Sumber Daya Air Kecamatan Matraman, Agus Sutono mengatakan, sejak dikerjakan sekitar tiga bulan lalu, panjang saluran yang sudah dikuras mencapai 200 meter dari total panjang saluran 750 meter.

"Kami targetkan pengerjaan rampung dua bulan ke depan," ucap Agus.  

Menurut Agus, proses pengerjaan yang dilakukan secara manual oleh 10 personel Satgas Sumber Daya Air Kecamatan Matraman ini membutuhkan waktu lebih lama, karena sedimen lumpur di saluran ini tebalnya mencapai satu hingga 1,5 meter.  

Dia mengungkapkan, pengurasan dikerjakan dari sisi Selatan mulai dari depan bimbel Kumon hingga ke simpang Jl Kramat Asem RW 04 Kelurahan Utan Kayu Selatan (UKS). Sedangkan di sisi utara, mulai dari simpang Jl Kramat Asem hingga Jl Utan Kayu Raya RW 010.

"Setiap hari ada 500 karung disiapkan untuk mengangkut lumpur hasil pengurasan,” ungkap Agus.

Setelah dikuras nanti, harap Agus, saluran yang memiliki lebar dua meter dan kedalaman 2,5 meter ini dapat menampung lebih banyak air. Sehingga genangan di wilayah Matraman dapat diminimalisir.

TOP