Pemkab Luncurkan Penyusunan Perencanaan Pembangunan Berbasis Web

Kamis, 17 Desember 2020 09:23 Suparni 1147

(Foto: Suparni - Beritajakarta.id)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Administrasi Kepulauan Seribu melalui Suku Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten (Subanppekab) Kepulauan Seribu meluncurkan penyusunan perencanaan pembangunan terpadu dan berkelanjutan berbasis web.

Pembangunan berkelanjutan

Kepala Subanppekab Kepulauan Seribu, Saelani mengatakan, melalui adanya situs apt.mksolusi.id ini akan memfasilitasi pengunggahan rencana atau desain pembangunan oleh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

"Kita ingin mengoptimalkan perencanaan pembangunan di Kepulauan Seribu secara terpadu," ujarnya, Kamis (17/12).

Menurutnya, melalu web tersebut OPD bisa melihat perencanaan pembangunan yang dibuat oleh OPD lainnya. Sehingga, bisa saling melengkapi, bersinergi dan terkoordinasi sesuai tupoksi agar tercipta pembangunan yang terintergrasi serta berkelanjutan di Kepulauan Seribu.

"Adanya web ini bisa menghindari terjadinya tumpang-tindih pelaksanaan program pembangunan. Untuk sementara, web ini hanya bisa diakses oleh antar OPD karena masih tahap pengembangan," terangnya.

Menurutnya, jika seluruh perencanaan pembangunan hingga desain oleh OPD terkait telah dimasukkan dalam sistem, baru akan dibuka untuk umum agar warga dapat mengakses rencana pembangunan yang akan dilakukan di Kepulauan Seribu pada tahun-tahun mendatang.

"Kami berharap, semua OPD bisa memanfaatkan web ini untuk perencanaan pembangunan yang berkelanjutan dan terpadu," tandasnya.