15 Ton Padi Berhasil Dipanen dari Sawah Abadi Cakung

Reporter : Nurito | Editor : F. Ekodhanto Purba | Selasa, 01 Desember 2020 20:46 WIB | Dibaca 795 kali
15 Ton Padi Berhasil Dipanen dari Sawah Abadi Cakung (Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Sebanyak 15 ton padi berhasil dipanen dari sawah abadi di kawasan Cakung Timur, Cakung, Jakarta Timur, Selasa (1/12).

"Hasil panen padi kali ini sebanyak 15 ton. Selanjutnya padi-padi itu dirontokkan di lokasi dan gabahnya dijemur selama sepekan ke depan, "

Kepala UPT Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman Dinas KPKP DKI, Ali Nurdin mengatakan, panen padi yang dilakukan oleh sepuluh tenaga PJLP dan kelompok tani penggarap tersebut merupakan lanjutan dari panen serentak pada Senin (30/11) kemarin.

Hasil panen padi kali ini sebanyak 15 ton. Selanjutnya padi-padi itu dirontokkan di lokasi dan gabahnya dijemur selama sepekan ke depan,” kata Ali, Selasa (1/12).

Menurutnya, gabah kering diuji di Laboratorium Uji Mutu Dinas KPKP DKI di Cibubur untuk mengetahui daya tumbuh, ketahanan serangan hama dan sebagainya. Jika hasilnya bagus maka pihak laboratorium mengeluarkan sertifikat layak guna terhadap gabah tersebut.

Kemudian, 40 persen dari gabah kering akan dijual dan uangnya masuk ke kas daerah. Sedangkan yang 60 persen untuk pelayananan masyarakat, seperti pemberian benih padi pada para kelompok tani di Jakarta secara gratis. 

“Untuk tahun 2020 ini kami telah memberikan bantuan benih padi sebanyak 2,345  ton pada masyarakat kelompok tani dan hingga akhir Desember mendatang jumlah tersebut akan bertambah,” tandasnya. 

TOP