Dinas Parekraf DKI-WFCI Promosikan Kekayaan Flora Indonesia

Selasa, 25 Agustus 2020 14:09 Aldi Geri Lumban Tobing 732

(Foto: Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id)

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta berkolaborasi dengan World Flower Council Indonesia (WFCI) mempromosikan kekayaan flora khususnya varian bunga yang ada di Indonesia.

 Anggota WFC ingin memberi semangat dan harapan bagi bangsa Indonesia agar dapat keluar dari pandemi ini

Promosi tersebut dikemas dalam bentuk video kreatif hasil dokumentasi acara bertajuk 'Semarak Bunga Untuk Indonesia' yang dilangsungkan pada Minggu (23/8) kemarin dalam rangka memperingati HUT ke-75 Republik Indonesia.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Parekraf DKI Jakarta, Helma Dahlia mengatakan, kegiatan Semarak Bunga Untuk Indonesia diisi dengan 10 (sepuluh) delman yang dihias dengan rangkaian bunga-bunga dan dekorasi representasi budaya Indonesia dan Jakarta.

Representasi budaya di 10 (sepuluh) delman tersebut diantaranya, Bendera dan Burung Garuda sebagai lambang Negara Republik Indonesia. Kemudian Wayang, Batik, dan Bakul Jamu sebagai representasi Indonesia.

Selain itu, Tumpeng sebagai representasi rasa syukur Dirgahayu ke-75 Kemerdekaan Bangsa Indonesia. Lalu Monas, Rumah Betawi, Ondel-Ondel yang identik atau menjadi ciri khas Provinsi DKI Jakarta.

"Video ini akan memperlihatkan kekayaan flora Indonesia pada dunia khususnya perwakilan WFC yang terdapat di 52 negara. Kami ingin perlihatkan budaya delman yang sederhana dihiasi bunga sekaligus memberi semangat seluruh sektor kreatif bunga di tengah masa pandemi Covid-19," ungkap Helma, Selasa (25/8).

Menurut Helma, kegiatan pembuatan video kreatif juga dilaksanakan dengan protokol Covid 19 seperti pemakaian masker, face shield dan penerapan social distancing.

Ketua WFCI, Maya Solihin mengatakan, pihaknya memilih untuk merayakan di Jakarta ini adalah kota yang menjadi sorotan seluruh dunia. Terlebih, Presiden Soekarno mendeklarasikan kemerdekaan Republik Indonesia di Jakarta.

Ia menambahkan, memasuki era kenormalan baru, bunga sebagai simbol harapan dapat menjadi ruh dan energi baru untuk melawan pandemi ini.

"Indonesia sebagai negara yang dikenal akan keragaman flora karena iklim tropisnya. Anggota WFC ingin memberi semangat dan harapan bagi bangsa Indonesia agar dapat keluar dari pandemi ini," tandasnya.