Dukung KSBB, YAP Serahkan Bantuan Rp 400 Juta

Kamis, 14 Mei 2020 18:01 Aldi Geri Lumban Tobing 1710

(Foto: Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id)

Yayasan Amway Peduli (YAP) memberikan bantuan sebesar Rp 400 juta melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta untuk mendukung penanganan dampak pandemi COVID-19.

Membantu sesama 

Penyerahan bantuan secara simbolis disaksikan langsung oleh Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Pengendalian Kependudukan dan Pemukiman, Suharti.  

Mewakili Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Suharti sangat mengapresiasi pemberian bantuan YAP kepada masyarakat yang membuhkan dan menjadi wujud nyata implementasi Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) yang mempertemukan antara donatur dengan masyarakat yang membutuhkan.

"KSBB ini platformnya mempertemukan antara para donatur dengan masyarakat yang membutuhkan. Yayasan Amway Peduli tidak memungkinkan untuk mengelola sendiri maka akan dibantu oleh PMI untuk diserahkan ke masyarakat," ujarnya, usai serah terima bantuan secara simbolis di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (14/5).

Menurutnya, bantuan tersebut akan dirasakan sekali manfaatnya oleh masyarakat Jakarta terdampak pandemi COVID-19.

"Kami berharap semakin banyak lagi donatur yang terbuka hatinya untuk membantu sesama khususnya warga Jakarta di tengah pandemi COVID-19 yang melanda sekarang ini," ungkapnya.

Ia menambahkan, bantuan sebesar Rp 400 juta ini diserahkan ke PMI Jakarta sebagai agregator, untuk kemudian didistribusikan ke masyarakat dalam hal ini warga Jakarta Timur.

"Kita harapkan seluruh peta Jakarta tertutup bantuan dari masyarakat juga. Melalui KSBB ini, siapa yang akan dibantu, bentuk bantuannya seperti apa kita serahkan kepada donaturnya dengan melihat data-data yang ada di platform KSBB," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Amway Peduli, Teguh Handrawan menuturkan, YAP pada dasarnya memiliki visi untuk membantu kehidupan individu menjadi lebih baik. Melalui visi tersebut, pihaknya membuat program donasi membantu mereka yang membutuhkan karena situasi COVID-19 ini.

"Kami pikir bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta dan PMI merupakan langkah tepat untuk misi kemanusiaan ini. Jadi harapan kami bantuan ini bisa disalurkan kepada yang membutuhkan secara tepat sasaran," terangnya.

Teguh mengapresiasi program KSBB yang diinisiasi Pemprov DKI Jakarta untuk melibatkan banyak pihak dalam membantu warga yang membutuhkan bantuan, terutama kebutuhan pangan.

"Ini progam yang luar biasa. kami sudah memikirkan ada beberapa program lain untuk kembali berkontribusi melalui kolaborasi ini," ucapnya.

Ketua PMI Kota Jakarta Timur, Krisdianto menyambut baik kepedulian dan kontribusi Yayasan Amway Peduli untuk membantu masyarakat terdampak COVID-19.

"PMI Kota Jakarta Timur akan berkoordinasi dengan pihak kelurahan serta pengurus RT/RW dalam penyaluran bantuan dari YAP supaya tepat sasaran," bebernya.

Ia menambahkan, sebagai bentuk transparansi, pihaknya akan memberikan laporan secara visual maupun administrasi kepada YAP.

"Kami akan berkoordinasi lebih lanjut, bantuan ini akan diberikan dalam bentuk paket sembako atau natura maupun makanan untuk tenaga medis," tandasnya.