Dispora Inisiasi Donor Darah

Rabu, 13 Mei 2020 14:17 Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing Editor : Toni Riyanto 1116

(Foto: Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id)

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi DKI Jakarta menginisiasi kegiatan donor darah di Kantor Dispora DKI Jakarta, Jatinegara, Jakarta Timur.

Protap COVID-19 dalam pelaksanaan

Pelaksanaan donor darah diikuti atlet binaan, pelatih dan asisten pelatih, anggota pramuka, anggota organisasi kepemudaan binaan, serta pegawai di lingkungan kantor Dispora DKI Jakarta.

Kepala Dispora DKI Jakarta, Achmad Firdaus mengatakan, stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) mulai menipis karena kondisi pandemi COVID-19, sementara kebutuhan darah terus meningkat.

"Kami ingin melalui kegiatan donor darah ini dapat membantu PMI mengatasi krisis stok darah karena banyak warga yang membutuhkan. Alhamdulillah, hari ini ada 92 pendonor," ujarnya, Rabu (13/5).

Firdaus menjelaskan, pelaksanaan donor darah dilaksanakan dengan prosedur tetap (protap) protokol kesehatan mencegah penularan COVID-19 dengan mengutamakan physical distancing dan penggunaan masker. Selain itu, alur peserta donor sudah diatur sedemikian rupa agar tidak terjadi penumpukan pada satu titik.

"Seluruh panitia sudah diberikan arahan terkait prosedur keamanan, kebersihan dan protap COVID-19 dalam pelaksanaan donor darah," terangnya.

Menurutnya, petugas dari PMI menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) dan panitia menggunakan masker selama proses pelaksanaan.

"Pendonor juga sudah dipastikan kondisinya baik serta darahnya juga aman untuk didonorkan," ungkapnya.

Sementara itu, anggota Pramuka Kwartir Cabang Jakarta Selatan, Sri Ayu Nengsih (13) menyambut baik kegiatan donor darah ini untuk membantu orang lain.

"Kita bisa bermanfaat buat orang lain, jadi selagi ada kesempatan untuk donor saya lebih baik ikut. Apalagi PMI sedang membutuhkan stok darah. Setetes darah kita berarti buat mereka yang membutuhkan," ucapnya.  

Hal senada juga disampaikan atlet renang binaan Pusat Pendidikan dan Latihan Mahasiswa (PPLM) Dispora DKI Jakarta, La Ode Ahmad Fikri (23).

Fikri berinisiatif mendonorkan darahnya setelah mendapat informasi bahwa PMI kekurangan stok darah. Alasan lainnya yakni ingin membantu sesama di bulan suci Ramadan ini.

"Saya melihat di media sosial PMI kekurangan darah. Selain atas dasar kemanusiaan, selagi di bulan suci Ramadan beramal salah satu yang bisa dilakukan yaitu dengan donor darah," tandasnya.