FKUB Galang Donasi Bantu Warga Terdampak COVID-19

Rabu, 15 April 2020 20:03 Reporter : Folmer Editor : Toni Riyanto 1096

(Foto: doc - Beritajakarta.id)

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) DKI Jakarta menggalang donasi bagi warga terdampak COVID-19 dengan mendirikan Warung Kerukunan di lima wilayah kota administrasi.

Dana dari umat beragama di Jakarta

Ketua FKUB DKI Jakarta, Dede Rosyada mengatakan, selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diharapkan bantuan yang diberikan bisa membantu warga agar bisa tetap patuh pada aturan dan masih dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari.

"Warung Kerukunan yang ditangani pengurus FKUB ini sudah berjalan di lima wilayah kota administrasi," ujarnya, Rabu (15/4). 

Dede menjelaskan, ide mendirikan Warung Kerukunan adalah murni untuk membantu warga yang tidak lagi bisa bekerja selama penerapan PSBB. 

"Dana dikumpulkan dari umat beragama di Jakarta, kemudian diserahkan ke Warung Kerukunan untuk memberikan makanan bagi warga yang membutuhkan bantuan. Responnya cukup baik," terangnya. 

Ia menambahkan, pengurus FKUB juga tidak henti-hentinya mengimbau warga dari berbagai agama untuk bersama menaati aturan terkait peniadaan kegiatan beribadah di rumah ibadah selama PSBB untuk mencegah penularan COVID-19.

"Para pemuka agama mengajak umat atau jamaah untuk sementara waktu beribadah di rumah masing-masing hingga penanganan  pandemi ini tuntas," ungkapnya. 

Menurutnya, pengurus FKUB juga berkoordinasi dengan aparatur lurah dan camat untuk ikut memastikan pendistribusian bantuan sosial (bansos) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berupa paket kebutuhan pangan, masker, hingga sabun berjalan dengan lancar.

"Pemberian bansos untuk membantu warga sudah tepat. Semoga ini semua dapat meringankan beban warga," tandasnya.