1.173 Warga Jakut Daftarkan Kepesertaan BPJS Kesehatan di Kelurahan

Selasa, 03 Juli 2018 Reporter: Budhi Firmansyah Surapati Editor: Budhy Tristanto 1694

1.173 Warga Jakut Daftarkan BPJS Kesehatan di Kelurahan

(Foto: Budhi Firmansyah Surapati)

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Utara bekerja sama dengan BPJS memberikan layanan kanal pendaftaran peserta di 31 kelurahan. Hasilnya, sejak Mei 2017 hingga Juni 2018, tercatat sebanyak 1.173 warga telah mendaftarkan diri sebagai peserta.

Dalam waktu dekat kita akan melakukan evaluasi sarasehan di kelurahan bersama Pemkot Jakut agar lebih maksimal

Kepala Kantor Cabang BPJS Kesehatan Jakarta Utara, Elisa Adam mengatakan, Kota Jakarta Utara sudah mendapat predikat universal health covering (UHC) sejak Mei 2018 lalu. Kepersertaannya yang mencapai 96 persen populasi dinilai termasuk kategori cakupan kesehatan semesta sehingga terlindungi oleh jaminan kesehatan JKN-KlS yang berkualitas dan berkesinambungan.

"Kepesertaan di Jakarta Utara dan Pulau Seribu sekitar 1,9 juta jiwa. Tahun ini kita targetkan meningkat hingga 2 juta," katanya, Selasa (3/7).

Diakui Elisa, besarnya jumlah kepesertaan tidak terlepas dari hasil kerja sama dengan Pemkot Jakarta Utara yang menggelar kanal layanan dropbox pendaftaran di kelurahan, kanal pusat perbelanjaan, pasar, tempat ibadah dan apartemen.

Selain itu, pihaknya juga menggelar kegiatan sarasehan rutin ke setiap kelurahan mengedukasi tentang layanan BPJS Kesehatan. Diharapkan, dengan sarasehan bisa mendorong warga mau mendaftarkan diri sebagai peserta. 

"Dalam waktu dekat kita akan melakukan evaluasi sarasehan di kelurahan bersama Pemkot Jakut agar lebih maksimal," ujarnya.

Ditambahkan Elisa, saat ini pihaknya sudah memiliki 123 fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), dengan rincian 51 klinik pratama, sembilan klinik TNI, tujuh klinik Polri, 55 Puskesmas, dan satu dokter praktik perorangan.

"Kita terus berupaya meningkatkan layanan. Hari ini kita gelar executive front liner untuk menyerap aspirasi dan kebutuhan peningkatan layanan," tandasnya.

BERITA TERKAIT
Bank DKI Kembali Raih Penghargaan Bergengsi

Bank DKI Raih Penghargaan The 1st Trendsetter e-Money

Kamis, 07 Juni 2018 2774

95 persen warga DKI telah tercover jaminan kesehatan

Biro Tapem Sosialisasikan BPJS Kesehatan Kepada Lurah di Balai Kota

Kamis, 12 April 2018 3899

BERITA POPULER
Penumpang menuruni Transjakarta

Targetkan 400 Juta Pelanggan, Transjakarta Menuju Fase Smart Mobility

Selasa, 04 November 2025 839

Petugas memadamkan kebakaran rumah di Pondok Pinang

Kebakaran di Pondok Pinang Diduga Dipicu Korsleting

Minggu, 02 November 2025 1329

Pramono Beri Apresiasi dan Dorong Semangat Masyarakat Peduli Lingkungan

Pramono Beri Apresiasi dan Dorong Semangat Masyarakat Peduli Lingkungan

Selasa, 04 November 2025 717

Seorang penumpang melakukan tap in di Halte Transjakarta Rawamangun

Pramono Minta Transjakarta Tingkatkan Layanan Sistem Pembayaran

Kamis, 30 Oktober 2025 1715

Ketua DPRD Dukung Relaksasi Pajak untuk Jaga Daya Beli Warga

Ketua DPRD Dukung Relaksasi Pajak untuk Jaga Daya Beli Warga

Minggu, 02 November 2025 1202

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks