300 Karung Pasir Tutup Tanggul Jebol di Jati Padang

Sabtu, 30 Juli 2016 20:38 Aldi Geri Lumban Tobing 5044

(Foto: Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id)

Tanggul saluran penghubung (PHB) Pulo di Jalan Masjid Al Ridwan, RT 03/06, Kelurahan Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan yang jebol pada Jumat (29/7) malam ditutup ratusan karung pasir. Ini sebagai penanganan darurat sebelum diperbaiki Suku Dinas Tata Air Jakarta Selatan.

Hari Senin besok akan diperbaiki oleh Sudin Tata Air

Pantauan Beritajakarta.com, kerusakan tanggul sepanjang kurang lebih 10 meter itu. Sebanyak 300 karung pasir ditumpuk untuk mengurangi derasnya air yang masuk ke permukiman. Ada 24 pekerja yang dikerahkan untuk menangani tanggul jebol ini.

"Karena airnya penuh kemarin, kan hujan deras kemarin. Di sana ada jembatan terlalu rendah, jadi airnya mentok. Di sini air nggak kuat nampung, jadi ngedorong makanya jebol," ungkap Muhammad Amin (60) warga RT 03/06,  Sabtu (30/7). 

Wali Kota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi mengatakan, sementara ini karung pasir digunakan untuk mengurangi air yang masuk ke permukiman. Dikatakan Tri, tanggul yang jebol itu akan segera diperbaiki.

"Karena untuk mencegah air benar-benar nggak masuk  ke permukiman pakai karung pasir itu nggak mungkin. Hari Senin besok akan diperbaiki oleh Sudin Tata Air," tandas Tri.

Sebelumnya, tanggul saluran PHB Pulo jebol sepanjang 10 meter karena debit air yang sangat tinggi akibat hujan deras yang mengguyur Jakarta sore hingga malam kemarin. Permukiman RT 03/06 terendam setinggi selutut orang dewasa.