Transjakarta Ajak Pelanggan Bangun Budaya Bertransportasi Santun

Selasa, 23 Desember 2025 Reporter: Fakhrizal Fakhri Editor: Erikyanri Maulana 307

Transjakarta dengan rute Monumen Nasional (Monas) - PGC

(Foto: Andri Widiyanto)

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) terus berkomitmen meningkatkan kualitas layanan demi memastikan kenyamanan seluruh pelanggan. Komitmen tersebut ditegaskan menyikapi unggahan yang beredar di media sosial (medsos) terkait interaksi antarpenumpang di dalam bus.

"Transjakarta adalah milik bersama,"

Transjakarta menekankan pentingnya sikap saling menghargai serta pemahaman terhadap penggunaan fasilitas tempat duduk yang tersedia di armada.

Direktur Utama PT Transjakarta, Welfizon Yuza menyampaikan empati terdalam atas ketidaknyamanan yang dialami pelanggan dalam peristiwa tersebut.

“Kami menyampaikan permohonan maaf atas pengalaman kurang menyenangkan yang dialami pelanggan kami. Transjakarta adalah milik bersama, dan kami ingin setiap perjalanan menjadi momen yang aman serta nyaman bagi semua pelanggan tanpa terkecuali,” ujar Welfizon Yuza, Selasa (23/12).

Untuk mencegah terjadinya kesalahpahaman, Transjakarta akan terus memperkuat edukasi kepada pelanggan terkait peruntukan kursi prioritas di dalam bus.

Sebagai informasi, kursi prioritas diperuntukkan bagi lansia, ibu hamil, penyandang disabilitas, serta orang tua yang membawa anak atau balita. Adapun kursi di luar kategori tersebut merupakan area umum yang dapat digunakan oleh seluruh pelanggan.

Transjakarta juga mengapresiasi sikap toleransi antarpenumpang, terutama dalam kondisi tertentu, seperti ketika pelanggan mengalami gangguan kesehatan, sebagaimana dilaporkan dalam unggahan tersebut.

“Kami akan menginstruksikan petugas di lapangan agar lebih proaktif dalam menyosialisasikan aturan kursi prioritas serta membantu memediasi apabila terjadi kendala antarpenumpang di dalam bus,” tambah Welfizon.

Lebih lanjut, Transjakarta menyediakan berbagai kanal pengaduan bagi pelanggan yang mengalami gangguan atau merasa tidak nyaman selama menggunakan layanan. Pengaduan dapat disampaikan langsung kepada petugas di halte, melalui Call Center Transjakarta di nomor 1500-102, maupun melalui saluran resmi media sosial Transjakarta melalui pesan langsung (direct message).

“Kami mengajak seluruh pelanggan untuk bersama-sama membangun budaya bertransportasi yang santun. Masukan dari pelanggan sangat berarti bagi kami untuk terus meningkatkan standar layanan Transjakarta,” tandas Welfizon.

BERITA TERKAIT
Perayaan Hari Ibu di Halte Tosari Berlangsung Meriah

Perayaan Hari Ibu di Halte Tosari Berlangsung Meriah

Minggu, 21 Desember 2025 406

Armada bus transjakarta

Ini Penjelasan Transjakarta Terkait Video Viral Ban Gundul

Senin, 15 Desember 2025 453

Transjakarta Raih Best Industry Marketing Champion 2025 Sektor Transportasi

Transjakarta Raih Best Industry Marketing Champion 2025 Sektor Transportasi

Sabtu, 13 Desember 2025 1838

PT Transjakarta menyerahkan bantuan perbaikan permainan anak di RPTRA Kampung Pulo Asri

Transjakarta Bantu Perbaikan Sarana Bermain Anak RPTRA Kampung Pulo Asri

Jumat, 12 Desember 2025 860

PT Transjakarta menyerahkan bantuan perbaikan permainan anak di RPTRA Kampung Pulo Asri

Transjakarta Bantu Perbaikan Sarana Bermain Anak RPTRA Kampung Pulo Asri

Jumat, 12 Desember 2025 860

BERITA POPULER
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Rano Karno memberikan keterangan di Balai Kota, Senin (22/12)

Perayaan Malam Tahun Baru di Jakarta Tanpa Kembang Api

Senin, 22 Desember 2025 980

Sambut Nataru, Pemprov DKI Suguhkan Jakarta Light Festival

Sambut Nataru, Pemprov DKI Suguhkan Jakarta Light Festival

Selasa, 23 Desember 2025 457

Pramono-Rano hadiri Tabligh Akbar Milad ke-28 The Jakmania

Pramono Hadiri Tabligh Akbar Milad ke-28 The Jakmania di Monas

Jumat, 19 Desember 2025 1293

UMP Jakarta Tahun 2026 Dipastikan Naik

UMP Jakarta Tahun 2026 Dipastikan Naik

Rabu, 17 Desember 2025 1622

Personel Satpol PP monitoring tempat keramaian

Satpol PP Bakal Awasi Larangan Pesta Kembang Api di Hotel dan Mal

Selasa, 23 Desember 2025 527

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks