Transjakarta Kembangkan Teknologi AI

Kamis, 17 Juli 2025 Reporter: Aldi Geri Lumban Tobing Editor: Erikyanri Maulana 662

Transjakarta Kembangkan Tiga Teknologi AI

(Foto: Istimewa)

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) terus mendorong transformasi digital dengan mengembangkan tiga teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI) yang dirancang untuk mentransformasi sistem layanan dan operasional menjadi lebih cerdas, efisien, serta responsif terhadap kebutuhan pelanggan.

"lebih terintegrasi dan berkelanjutan,"

Direktur Sistem Teknologi Informasi dan Pelayanan Transjakarta, Raditya Maulana Rusdi mengatakan, inisiatif ini merupakan bagian dari roadmap besar digitalisasi Transjakarta yang menempatkan teknologi sebagai penggerak utama evolusi layanan transportasi publik.

“Pengembangan sistem layanan berbasis AI untuk memastikan setiap pelanggan mendapatkan pengalaman yang lebih cepat, personal, dan aman. Teknologi ini akan menjadi fondasi penting menuju transportasi publik masa depan yang lebih terintegrasi dan berkelanjutan,” ujarnya, Kamis (17/7).

Raditya menyampaikan, selain aspek teknologi, transformasi ini juga menyasar perubahan pola pikir dan kemampuan internal. Ia menilai, adopsi AI tidak hanya soal sistem, tapi juga kesiapan manusia di dalamnya.

“Kami sedang membentuk budaya kerja baru, di mana seluruh SDM memahami peran data dan AI dalam menciptakan layanan publik yang jauh lebih baik,” katanya.

Berikut tiga teknologi AI yang sedang dikembangkan Transjakarta:

1. AIText: Menuju Layanan dengan AI Agent dan Agentic AI

Transjakarta sedang mengembangkan AI Agent berbasis generative AI yang mampu berinteraksi langsung dengan pelanggan secara natural melalui chatbot dan text-to-speech. Agent ini tidak sekadar menjawab pertanyaan, tapi didesain menjadi agentic AI yang mampu memahami konteks, mengambil keputusan, dan memberikan informasi secara aktif untuk kebutuhan seperti info rute, bus datang, atau barang hilang.

2. AIVision: Penglihatan Mesin untuk Operasional Teknologi AI Vision

Memanfaatkan computer vision dari aliran data CCTV untuk mendeteksi jumlah pelanggan di halte, memantau pergerakan armada, serta mendukung efisiensi operasional berbasis data. Sebagai bagian dari sistem keselamatan, Transjakarta juga telah mulai menerapkan Driver Monitoring System (DMS) yang mendeteksi perilaku pengemudi secara real-time untuk memastikan standar keamanan tinggi.

3. Recommendation Engine: Analitik untuk Keputusan Cerdas

Sistem ini dirancang untuk menganalisis big data layanan dan pola perjalanan pelanggan guna memberikan rekomendasi strategis, mulai dari usulan rute baru, peningkatan frekuensi armada, hingga potensi kemitraan berbasis data.

BERITA TERKAIT
Transjakarta Lakukan Kolaborasi dengan Persija, Branding 30 Bus

Kolaborasi Transjakarta-Persija Sambut Super League 2025/2026

Rabu, 16 Juli 2025 874

Transjakarta Siap Gandeng Pemilik Pusat Oleh-oleh Bali Kembangkan UMKM di Halte

Transjakarta Jajaki Kerja Sama dengan Jaringan Pusat Oleh-Oleh Terbesar di Bali

Selasa, 15 Juli 2025 747

Komisi B Dorong Transjakarta Kembangkan Layanan Strategis

Transjakarta Didorong Kembangkan Layanan Strategis

Jumat, 11 Juli 2025 1396

BERITA POPULER
 1.000 Orang di Jakbar Ikuti CKG di Peringatan Hari Ibu

1.000 Warga Jakbar Ikuti CKG di Peringatan Hari Ibu

Kamis, 11 Desember 2025 5673

Badan Kehormatan (BK) DPRD DKI Jakarta menggelar BK Award 2025

BK Award 2025 Wujud Akuntabilitas Kinerja Anggota DPRD DKI

Senin, 15 Desember 2025 1089

Satu unit ekskavator melakukan pengerukan saluran penghubung Pulo di Jalan Raya Pasar Minggu

Pengerukan Saluran Phb Pulo Ditarget Kelar Sebulan

Minggu, 14 Desember 2025 1046

Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2025 di TMII, Jakarta Timur

HKSN 2025, Pilar Sosial Perkokoh Solidaritas dan Kepedulian Warga

Senin, 15 Desember 2025 835

Pramono membuka Musyawarah Nasional INTI di (INTI) di Aston Kemayoran City

Buka Munas INTI, Pramono Tegaskan Komitmennya Jadi Pemimpin Semua Golongan

Sabtu, 13 Desember 2025 1231

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks