Penyintas Banjir di Semper Barat Diberikan Layanan Dukungan Psikososial

Sabtu, 01 Februari 2025 Reporter: Aldi Geri Lumban Tobing Editor: Erikyanri Maulana 1256

Dinsos Beri Layanan Dukungan Psikososial Warga Terdampak Banjir di Semper Barat

(Foto: Istimewa)

Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta menggelar Layanan Dukungan Psikososial (LDP) bagi anak-anak dan ibu-ibu terdampak banjir di Rusun Embrio, Semper Barat.

"kami berupaya menghadirkan keceriaan,"

Kegiatan LDP ini dihimpun oleh Pekerja Sosial dan Penyuluh Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta bersama Pelopor Perdamaian Kementerian Sosial (Kemensos).

Ketua Sub Kelompok Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) Dinsos DKI Jakarta, Debby Elva Dwi Anggraeny mengatakan, kegiatan ini bertujuan membantu anak-anak dan ibu-ibu mengatasi dampak psikologis akibat bencana banjir yang melanda kawasan tersebut.

Ia menyampaikan, anak-anak terdampak banjir diajak berbagai permainan edukatif dan kegiatan interaktif dalam suasana yang menyenangkan.

“Selain itu, anak-anak juga diajak mewarnai sebagai bentuk ekspresi diri, sedangkan kegiatan ibu-ibu berupa relaksasi dan sosialisadi serta edukasi bencana,” ujarnya, Sabtu (1/2).

Debby menjelaskan, Dinas Sosial DKI Jakarta menyediakan berbagai hadiah menarik bagi anak-anak serta Ibu-ibu yang mengikuti permainan dan lomba dengan baik untuk meningkatkan semangat mereka, seperti meja belajar, buku tulis, buku gambar, pulpen, pensil warna, serta makanan ringan seperti biskuit dan permen.

Ia mengatakan, layanan dukungan psikososial sangat penting untuk membantu anak-anak dan ibu-ibu memulihkan kondisi emosional mereka pasca-bencana.

“Kami ingin memastikan bahwa anak-anak dan ibu-ibu yang terdampak banjir mendapatkan perhatian, tidak hanya dari sisi fisik tetapi juga psikologis. Melalui kegiatan ini, kami berupaya menghadirkan keceriaan dan mengembalikan rasa aman bagi mereka,” katanya.

Kegiatan ini mendapat antusiasme tinggi dari anak-anak dan ibu-ibu yang hadir. Mereka tampak menikmati setiap sesi permainan dan yang disediakan.

Ia menambahkan, Dinas Sosial DKI Jakarta terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi warga terdampak bencana, khususnya bagi kelompok rentan agar mereka dapat kembali beraktivitas dan belajar dengan semangat.

“Dengan adanya layanan seperti ini, diharapkan mereka yang terdampak banjir dapat kembali ceria dan memperoleh dukungan yang mereka butuhkan,” tandasnya.

BERITA TERKAIT
BPBD Catat 1.810 Bencana Sepanjang 2024

BPBD DKI Catat 1.810 Bencana Terjadi Sepanjang 2024

Jumat, 31 Januari 2025 2116

Dinkes DKI Jakarta Hadirkan Posko Kesehatan untuk Warga Terdampak Banjir

Dinkes Pastikan Akses Pelayanan Kesehatan bagi Penyintas Banjir

Jumat, 31 Januari 2025 1280

Komisi D Minta Siagakan Infrastruktur Pengendali Banjir

Ali Lubis Dukung Optimalisasi Infrastruktur Pencegahan Banjir

Jumat, 31 Januari 2025 1008

Layanan Dukungan Psikososial Terus Diberikan Kepada Penyintas Kebakaran Manggarai

Anak Penyintas Kebakaran Manggarai Diberikan Layanan Psikososial

Kamis, 15 Agustus 2024 1254

BERITA POPULER
Petugas memadamkan kebakaran rumah di Pondok Pinang

Kebakaran di Pondok Pinang Diduga Dipicu Korsleting

Minggu, 02 November 2025 1182

Ketua DPRD Dukung Relaksasi Pajak untuk Jaga Daya Beli Warga

Ketua DPRD Dukung Relaksasi Pajak untuk Jaga Daya Beli Warga

Minggu, 02 November 2025 1066

Seorang penumpang melakukan tap in di Halte Transjakarta Rawamangun

Pramono Minta Transjakarta Tingkatkan Layanan Sistem Pembayaran

Kamis, 30 Oktober 2025 1567

Sejumlah kendaraan melintas saat cuaca hujan di pagi hari

Waspada, Hujan Deras Berpotensi Guyur Jakarta Pagi dan Siang Hari

Minggu, 02 November 2025 843

Pramono memberikan keterangan pers setelah pembukaan Job Fair Disabilitas 2025

Pramono Bakal Tinjau Tanggul Baswedan Besok

Senin, 03 November 2025 550

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks