Antusiasme Masyarakat Terhadap KLG Transjakarta Tinggi

Kamis, 23 Januari 2025 Reporter: Aldi Geri Lumban Tobing Editor: Erikyanri Maulana 1202

Transjakarta

(Foto: doc)

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mencatat lebih dari 17 juta penerima Kartu Layanan Gratis (KLG) hingga akhir 2024. Artinya, antusiasme masyarakat terhadap KLG cukup tinggi.

"Melayani lebih dari 1,3 juta pelanggan per hari,"

Direktur Operasional dan Keselamatan Transjakarta, Daud Joseph mengatakan, Kartu Layanan Gratis terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, terutama pada kategori Lanjut Usia (Lansia). Pengguna KLG untuk kategori ini hingga Desember 2024 mencapai 30.707 atau naik sebesar 91 persen dibanding tahun sebelumnya yang hanya sebanyak 16.074 pengguna.

Ia menyampaikan, untuk di Jakarta Selatan sendiri, pengguna KLG terbanyak dipegang oleh kategori lansia sebanyak 3.702 pengguna. Angka ini diikuti pengguna kategori Guru PAUD sebanyak 311 pengguna disusul pengguna kategori Jumantik sebanyak 223 pengguna.

“Sedangkan untuk pengguna kategori disabilitas tercatat sebanyak 122 pengguna,” ujar Daud, Kamis (23/1).

Daud memaparkan, layanan Transjakarta di wilayah Jakarta Selatan sudah menyentuh angka 80,40 persen populasi di mana  81,21 persen luas wilayahnya sudah dilayani Transjakarta.

“Hingga akhir 2024, Transjakarta telah melayani lebih dari 1,3 juta pelanggan per hari,” katanya.

Daud merinci, Transjakarta memiliki total 7.790 pemberhentian bus atau bus stop yang tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta hingga saat ini. Adapun wilayah Jakarta Selatan merupakan wilayah dengan bus stop terbanyak nomor dua dengan jumlah bus stop sebanyak 1.877. Sedangkan bus stop terbanyak berada di Jakarta Timur dengan jumlah sebanyak 2.348.

“Wilayah lainnya dengan sebaran bus stop yakni wilayah Jakarta Barat sebanyak 1.358 bus stop, Jakarta Pusat 796 bus stop dan Jakarta Utara 1.411 bus stop,” ucapnya.

Ia menambahkan, untuk layanan Bus Rapid Transit (BRT) yang melintas di wilayah Jakarta Selatan, Halte Adam Malik yang melayani rute Ciledug-Tendean (Koridor 13) menjadi halte tersibuk dengan jumlah pelanggan 7.049 per hari.

“Halte tersibuk lainnya di wilayah ini tercatat dipegang oleh Halte CSW dengan melayani 6.035 pelanggan per hari dan Halte Ragunan dengan jumlah pelanggan sebanyak 5.676 per hari,” tandasnya.

BERITA TERKAIT
Transjakarta Bersinergi Ciptakan Layanan Aksesibel dan Berkelanjutan

Transjakarta Bersinergi Ciptakan Layanan Aksesibel dan Berkelanjutan

Jumat, 17 Januari 2025 1777

Pemprov DKI Pastikan Koridor 1 Transjakarta Tetap Beroperasi

Pemprov DKI Pastikan Koridor 1 Transjakarta Tetap Beroperasi

Kamis, 16 Januari 2025 1524

Transjakarta Kembali Raih Dua Penghargaan

Transjakarta Sabet Penghargaan Top CEO dan Best Corporate Secretary Award 2024

Rabu, 18 Desember 2024 1743

Dinas PPAPP Perkuat Pecegahan Pelecehan Seksual di Transportasi Publik

Dinas PPAPP Perkuat Pencegahan Pelecehan Seksual di Transportasi Publik

Senin, 20 Januari 2025 2394

BERITA POPULER
Pramono-Rano hadiri Tabligh Akbar Milad ke-28 The Jakmania

Pramono Hadiri Tabligh Akbar Milad ke-28 The Jakmania di Monas

Jumat, 19 Desember 2025 777

Pemprov DKI-Sulawesi Selatan jajaki kerja sama strategis

Pemprov DKI-Sulsel Jajaki Kerja Sama Smart City hingga Ketahanan Pangan

Jumat, 19 Desember 2025 732

Badan Kehormatan (BK) DPRD DKI Jakarta menggelar BK Award 2025

BK Award 2025 Wujud Akuntabilitas Kinerja Anggota DPRD DKI

Senin, 15 Desember 2025 1643

Permudah Wajib Pajak, Pramono Luncurkan Digitalisasi Pajak MPD

Permudah Wajib Pajak, Pemprov DKI Luncurkan Digitalisasi Pajak MPD

Kamis, 18 Desember 2025 909

Forkopimko Jakut Jaga Suasana Kondusif Nataru

Forkopimko Jakut Jaga Suasana Kondusif Nataru

Jumat, 19 Desember 2025 635

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks