Layanan Aplikasi PEDATI Dukcapil Tanah Abang Diapresiasi Warga

Kamis, 04 Juli 2024 Reporter: Budhi Firmansyah Surapati Editor: Budhy Tristanto 1343

Inovasi Layanan Aplikasi PEDATI Dukcapil Tanah Abang Diapresiasi

(Foto: Budhi Firmansyah Surapati)

Inovasi layanan akta kematian melalui aplikasi PEDATI (Pemadanan Data Kematian) yang dikembangkan Sektor Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, diapresiasi warga. Layanan aplikasi ini diluncurkan, Senin (3/6) lalu.

Tujuan utamanya mempermudah proses layanan akta kematian bagi warga

Tri Utari (34), warga RT 03/11 Kelurahan Petamburan, mengaku sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini karena lebih mudah dan cepat,

"Saya sangat berterimakasih, aplikasi yang dikembangkan sangat membantu proses pembuatan akta kematian ayah saya," katanya, Kamis (4/7).

Penilaian senada disampaikan Hanifah Makarim (45), warga RT 03/05 Kelurahan Petamburan, yang mengurus akte kematian adik kandungnya. Selain mudah dan cepat, akta kematian yang sudah selesai diproses juga diantar langsung petugas ke rumahnya.  

"Prosesnya juga sangat cepat. Ini saya diantar dan pelayanannya gratis," tegasnya.

Kepala Sektor Dukcapil Tanah Abang, Irpan Septian menjelaskan, inovasi layanan ini merupakan aplikasi yang memadankan data Kematian dari TPU (Taman Pemakaman Umum) dengan data Kependudukan Kecamatan Tanah Abang. 

Hasil pandanan ini selanjutnya dikonfirmasi kepada pihak keluarga melalui jejaring RT/RW untuk kemudian dibuatkan akta kematian.

"Aplikasi PEDATI tujuan utamanya mempermudah proses layanan akta kematian bagi warga," jelasnya.

Diharapkan Irpan, adanya Aplikasi PEDATI bisa membantu warga akan kebutuhan yang timbul dari kepemilikan akta kematian, seperti pengurusan ahli waris, perbankan dan IPTM (Izin Penggunaan Tanah Makam).

Selain itu, produk dari aplikasi bisa juga menjadi sumber data penentu kebijakan dalam pembangunan menjadi lebih akurat seperti penggunaan data kependudukan untuk bantuan sosial, pendidikan dan pemilihan umum.

"Sejak diluncurkan hingga awal Juli ini, sekitar 15 warga dari Kelurahan Petamburan dan Karet Tengsin telah mengakses layanan ini," tandasnya.

BERITA TERKAIT
Selama 2023, UP PM-PTSP Lakukan 314 Penerbitan Secara Online

Indeks Kepuasan Masyarakat Layanan UP PM-PTSP Mampang Prapatan Capai 91,92 Persen

Kamis, 18 Januari 2024 7077

Sudinsos Jakpus Luncurkan Inovasi Layanan Berbasis Aplikasi Whatsapp

Sudinsos Jakpus Luncurkan Layanan Berbasis Aplikasi WhatsApp

Senin, 24 Juni 2024 1257

Pemkot Jakpus Optimisitis Posyantek Rosella Raih Prestasi di tingkat Nasional

Chaidir Optimisitis Posyantek Rosella Raih Prestasi di tingkat Nasional

Kamis, 27 Juni 2024 1087

BERITA POPULER
Ribuan Satuan Pendidikan di Jakarta Ikuti Urban Sustainability Education 2025

1.799 Pelajar Ikuti Urban Sustainability Education 2025

Sabtu, 06 Desember 2025 1435

Ratusan penari mengikuti kegiatan Tari Massal di Pantai Sunrise

Aksi Tari Massal di Pantai Sunrise Perkuat Daya Tarik Wisata Budaya

Sabtu, 06 Desember 2025 780

Pramono menggunakan QRIS Tap untuk memasuki Stasiun LRT Pegangsaan Dua

Pramono Resmikan QRIS Tap dan Ruang Baca di Stasiun LRT Pegangsaan Dua

Kamis, 04 Desember 2025 1161

Seorang warga menggunakan payung berjalan saat cuaca hujan

Hujan Diprediksi Basahi Jakarta Hari Ini

Kamis, 04 Desember 2025 1215

Pramono Anung Melaunching PAM Jaya JEKATE Running Series

Pramono Resmikan Ceremony Kick Off PAM Jaya JEKATE Running Series

Minggu, 07 Desember 2025 493

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks