273.531 Warga Jakarta Selatan Sudah Buat IKD

Kamis, 11 Januari 2024 Reporter: Tiyo Surya Sakti Editor: Toni Riyanto 7460

Selama 2023, Sudin Dukcapil Jaksel Layani 273.531Pembuatan IKD

(Foto: Tiyo Surya Sakti)

Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sudin Dukcapil) Jakarta Selatan telah melayani sebanyak 273.531 warga yang membuat atau melakukan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di tahun 2023.

Terus kita lakukan akselerasi

Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Selatan, Nur Rahman mengatakan, transformasi data kependudukan ke dalam sebuah aplikasi digital ini memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya, meningkatkan pemanfaatan digitalisasi kependudukan, mempermudah pelayanan publik, hingga mencegah pemalsuan dan kebocoran data.

"IKD merupakan aplikasi yang lengkap karena IKD dilengkapi dengan fitur-fitur, seperti data keluarga, dokumen, tanda tangan elektronik, pelayanan, pemantauan pelayanan, dan lainnya," ujarnya, Kamis (11/1). 

Nur Rahman menjelaskan, IKD merupakan salah satu bentuk pemanfaatan teknologi untuk memberikan kemudahan dan simplifikasi kebutuhan administrasi kependudukan (adminduk) ke depan.

"Jakarta akan menjadi kota global. Salah satu indikatornya tentu adalah penggunaan teknologi agar tidak ketinggalan dengan kata-kata maju di dunia," terangnya.

Selain layanan IKD, imbuh Nur Rahman,

Sudin Dukcapil Jaksel juga telah melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) mencapai 99,7 persen dari 1.793.287 warga wajib KTP atau mencapai 1.788.000 orang. 

"Untuk sisanya ini yang terus kita lakukan akselerasi. Kita menghadapi kendala banyaknya warga ber-KTP Jakarta Selatan yang tinggal di luar daerah," bebernya.

Dalam memaksimalkan pelayanan, lanjut Nur Rahman, pihaknya tidak hanya memberikan pelayanan di loket, tetapi juga melakukan sistem jemput bola, baik di lingkungan permukiman warga hingga sekolah-sekolah.

"Kita juga memberikan layanan door to door bagi penyandang disabilitas, orang sakit dan jompo. Kemudian, ada program  Kampung Sadar Adminduk atau Kamsa. Kita ingin seluruh warga Jakarta Selatan tertib adminduk," terangnya.

Sementara itu, salah seorang warga Mampang Prapatan, Doni (26) mengapresiasi layanan jemput bola yang diberikan Sudin Dukcapil Jakarta Selatan. Terutama, pada layanan aktivasi IKD.

"Melalui pembuatan IKD ini, identitas diri kita ada di smartphone, sangat memudahkan untuk berbagai keperluan," tandasnya.

BERITA TERKAIT
 6.784 Orang di Kepulauan Seribu Telah Mendaftar IKD

6.784 Warga Kepulauan Seribu Sudah Membuat Identitas Kependudukan Digital

Rabu, 10 Januari 2024 6946

 247 Warga Srengseng Sawah Aktivasi IKD

247 Warga Srengseng Sawah Aktivasi IKD

Rabu, 20 Desember 2023 8481

Sudin Dukcapil Kepulauan Seribu Raih Penghargaan Aktivasi IKD Tertinggi

Dukcapil Kepulauan Seribu Raih Penghargaan Aktivasi IKD Tertinggi

Selasa, 12 Desember 2023 7007

59 Warga Dilayani Urus Berkas Kependudukan di Angke

Layanan Jemput Bola Adminduk Sasar Warga di Rusunawa Tambora

Kamis, 07 Desember 2023 8233

 Disdukcapil DKI Raih Penghargaan Pengguna Layanan Digital Aktif Terbesar

Dinas Dukcapil DKI Raih Penghargaan Pengguna Layanan Digital Aktif Terbesar 

Kamis, 07 Desember 2023 13528

BERITA POPULER
Petugas memadamkan kebakaran rumah di Pondok Pinang

Kebakaran di Pondok Pinang Diduga Dipicu Korsleting

Minggu, 02 November 2025 1199

Ketua DPRD Dukung Relaksasi Pajak untuk Jaga Daya Beli Warga

Ketua DPRD Dukung Relaksasi Pajak untuk Jaga Daya Beli Warga

Minggu, 02 November 2025 1078

Seorang penumpang melakukan tap in di Halte Transjakarta Rawamangun

Pramono Minta Transjakarta Tingkatkan Layanan Sistem Pembayaran

Kamis, 30 Oktober 2025 1578

Salah satu pelamar kerja yang datang ke Job Fair Disabilitas 2025 di TIM Jakpus

Job Fair Disabilitas 2025 Diakses Warga Luar Jakarta

Senin, 03 November 2025 578

Sejumlah kendaraan melintas saat cuaca hujan di pagi hari

Waspada, Hujan Deras Berpotensi Guyur Jakarta Pagi dan Siang Hari

Minggu, 02 November 2025 846

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks