273.531 Warga Jakarta Selatan Sudah Buat IKD

Kamis, 11 Januari 2024 Reporter: Tiyo Surya Sakti Editor: Toni Riyanto 7331

Selama 2023, Sudin Dukcapil Jaksel Layani 273.531Pembuatan IKD

(Foto: Tiyo Surya Sakti)

Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sudin Dukcapil) Jakarta Selatan telah melayani sebanyak 273.531 warga yang membuat atau melakukan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di tahun 2023.

Terus kita lakukan akselerasi

Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Selatan, Nur Rahman mengatakan, transformasi data kependudukan ke dalam sebuah aplikasi digital ini memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya, meningkatkan pemanfaatan digitalisasi kependudukan, mempermudah pelayanan publik, hingga mencegah pemalsuan dan kebocoran data.

"IKD merupakan aplikasi yang lengkap karena IKD dilengkapi dengan fitur-fitur, seperti data keluarga, dokumen, tanda tangan elektronik, pelayanan, pemantauan pelayanan, dan lainnya," ujarnya, Kamis (11/1). 

Nur Rahman menjelaskan, IKD merupakan salah satu bentuk pemanfaatan teknologi untuk memberikan kemudahan dan simplifikasi kebutuhan administrasi kependudukan (adminduk) ke depan.

"Jakarta akan menjadi kota global. Salah satu indikatornya tentu adalah penggunaan teknologi agar tidak ketinggalan dengan kata-kata maju di dunia," terangnya.

Selain layanan IKD, imbuh Nur Rahman,

Sudin Dukcapil Jaksel juga telah melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) mencapai 99,7 persen dari 1.793.287 warga wajib KTP atau mencapai 1.788.000 orang. 

"Untuk sisanya ini yang terus kita lakukan akselerasi. Kita menghadapi kendala banyaknya warga ber-KTP Jakarta Selatan yang tinggal di luar daerah," bebernya.

Dalam memaksimalkan pelayanan, lanjut Nur Rahman, pihaknya tidak hanya memberikan pelayanan di loket, tetapi juga melakukan sistem jemput bola, baik di lingkungan permukiman warga hingga sekolah-sekolah.

"Kita juga memberikan layanan door to door bagi penyandang disabilitas, orang sakit dan jompo. Kemudian, ada program  Kampung Sadar Adminduk atau Kamsa. Kita ingin seluruh warga Jakarta Selatan tertib adminduk," terangnya.

Sementara itu, salah seorang warga Mampang Prapatan, Doni (26) mengapresiasi layanan jemput bola yang diberikan Sudin Dukcapil Jakarta Selatan. Terutama, pada layanan aktivasi IKD.

"Melalui pembuatan IKD ini, identitas diri kita ada di smartphone, sangat memudahkan untuk berbagai keperluan," tandasnya.

BERITA TERKAIT
 6.784 Orang di Kepulauan Seribu Telah Mendaftar IKD

6.784 Warga Kepulauan Seribu Sudah Membuat Identitas Kependudukan Digital

Rabu, 10 Januari 2024 6915

 247 Warga Srengseng Sawah Aktivasi IKD

247 Warga Srengseng Sawah Aktivasi IKD

Rabu, 20 Desember 2023 8448

Sudin Dukcapil Kepulauan Seribu Raih Penghargaan Aktivasi IKD Tertinggi

Dukcapil Kepulauan Seribu Raih Penghargaan Aktivasi IKD Tertinggi

Selasa, 12 Desember 2023 6975

59 Warga Dilayani Urus Berkas Kependudukan di Angke

Layanan Jemput Bola Adminduk Sasar Warga di Rusunawa Tambora

Kamis, 07 Desember 2023 8180

 Disdukcapil DKI Raih Penghargaan Pengguna Layanan Digital Aktif Terbesar

Dinas Dukcapil DKI Raih Penghargaan Pengguna Layanan Digital Aktif Terbesar 

Kamis, 07 Desember 2023 13465

BERITA POPULER
Awan tebal menggelayut di langit Jakarta

BPBD Ingatkan Cuaca Ekstrem Beberapa Hari ke Depan

Kamis, 11 September 2025 3016

Website Produk RW Dinas Dukcapil Hadirkan Data Kependudukan

Website ‘Produk RW’ Hadirkan Data Kependudukan Hingga Tingkat RT

Jumat, 12 September 2025 2665

Rano Karno memberikan kata sambutan pada pembukaan Canisius Expo 2025

Rano Karno: Budaya Bisa Jadi Kekuatan Persatuan Jakarta

Sabtu, 13 September 2025 2308

Gubernur DKI Jakarta, Pramono Anung menyampaikan komitmen Pemerintah

Pramono Minta Pekerjaan Galian Terkoordinasi

Kamis, 11 September 2025 2907

Acara Launching MPP Digital dan Diseminasi Penyampaian LKPM

UP PM-PTSP Duren Sawit Luncurkan MPP Digital

Kamis, 11 September 2025 2767

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks