RSUD Kebayoran Baru Sukses Hadirkan Inovasi Pojok Layanan Obat

Rabu, 27 September 2023 Reporter: Tiyo Surya Sakti Editor: Andry 5268

 RSUD Kebayoran Baru Sukses Hadirkan Inovasi Pojok Layanan Obat

(Foto: doc)

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kebayoran Baru, Jakarta Selatan sukses meningkatkan pelayanan kesehatan kepada warga dengan menghadirkan inovasi di unit farmasi melalui Pojok Layanan Obat.

Waktu tunggu pasien di unit farmasi kini hanya 8,6 menit

Kepala Seksi Penunjang Medis RSUD Kebayoran Baru, Sari Asriningrum mengatakan, inovasi Pojok Layanan Obat terintegrasi dengan e-Resep, antrean obat, kasir, layanan antar obat hingga edukasi obat melalui barcode.

"Inovasi ini kami hadirkan untuk memberikan layanan kesehatan yang semakin optimal kepada warga," ujarnya, Rabu (27/9).

Sari menjelaskan, inovasi ini hadir untuk meningkatkan akselerasi layanan dari sebelumnya rata-rata total waktu tunggu pasien mencapai 56 menit.

"Inovasi Pojok Layanan Obat menjadi jawaban mengingat pentingnya pengalaman waktu tunggu pasien dalam layanan kesehatan. Layanan yang cepat dan bagus akan menjadi citra baik bagi layanan kesehatan di Jakarta," terangnya.

Menurutnya, implementasi inovasi ini tertuang dalam Surat Edaran Direktur Nomor Direktur RSUD Kebayoran Baru Nomor 114/SE/2023 tentang Pemanfaatan Pojok Pelayanan Obat pada RSUD Kebayoran Baru.

"Sebelum ada aksi perubahan atau inovasi ini, waktu tunggu pasien di unit farmasi mencapai 29 menit. Namun, melalui inovasi Pojok Layanan Obat waktu tunggu pasien di unit farmasi kini hanya 8,6 menit," ungkapnya.

Sari menuturkan, petugas di RSUD Kebayoran Baru juga sudah melakukan sosialisasi dan pendampingan kepada pasien yang menggunakan sistem Pojok Layanan Obat.

"Dari target sebesar 10 persen, rata-rata pemanfaatan Pojok Layanan Obat sudah mencapai 64,28 persen dari total resep yang masuk ke farmasi," ucapnya

Ia menambahkan, Pojok Layanan Obat juga memberikan manfaat nyata secara internal. Penggunaan kertas dapat minimalisir hingga 75 persen.

"Melalui e-Resep maka terjadi efisiensi penggunaan buku resep per bulan yang awalnya 60 buku resep menjadi hanya 15 buku resep setelah adanya inovasi Pojok Layanan Obat. Terjadi efisiensi buku resep atau paperless mencapai 75 persen," bebernya.

Ia berharap, layanan inovasi ini bisa diikuti RSUD Tipe D lainnya di Jakarta. Sehingga, nantinya masyarakat bisa lebih terlayani secara maksimal.

"Tentunya upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat atau pasien akan terus dikembangkan dan berlanjut. Kita tidak cepat puas dan berhenti sampai di sini," ucapnya. 

Sementara itu, warga Kebayoran Baru, Rina Septiani (48), mengapresiasi inovasi Pojok Layanan Obat di RSUD Kebayoran Baru karena dinilai sangat memudahkan pasien, khususnya saat pendaftaran pengambilan obat hingga penerimaan obat.

"Sangat membantu sekali. Prosesnya simpel, hanya registrasi melalu handphone," tandasnya.

BERITA TERKAIT
Konvensi Mutu Bidang Kesehatan Tingkat Kota Jakarta Selatan Resmi Digelar

Sudinkes Jaksel Gelar Konvensi Mutu Bidang Kesehatan

Senin, 25 September 2023 5224

Tiga RSUD di Jaksel Raih Penghargaan Dari BAPETEN

Tiga RSUD di Jaksel Raih Penghargaan Bapeten 2023

Rabu, 23 Agustus 2023 4025

Petugas PMI Bantu Evakuasi Warga Pulau Kelapa ke RSUD Koja

PMI Bantu Evakuasi Warga Pulau Kelapa ke RSUD Koja

Selasa, 15 Agustus 2023 3856

Dinkes DKI Jakarta Gelar Hari Jantung Sedunia

Dinkes DKI Gelar Peringatan Hari Jantung Sedunia

Minggu, 17 September 2023 4811

kunjungan

Pemkab Terima Kunjungan Verlap KKS Pusat 2023

Rabu, 20 September 2023 4916

BERITA POPULER
Transjakarta Menuju Smart Mobility, Fondasi Jakarta 500 Tahun

Targetkan 400 Juta Pelanggan, Transjakarta Menuju Fase Smart Mobility

Selasa, 04 November 2025 758

Petugas memadamkan kebakaran rumah di Pondok Pinang

Kebakaran di Pondok Pinang Diduga Dipicu Korsleting

Minggu, 02 November 2025 1278

Ketua DPRD Dukung Relaksasi Pajak untuk Jaga Daya Beli Warga

Ketua DPRD Dukung Relaksasi Pajak untuk Jaga Daya Beli Warga

Minggu, 02 November 2025 1153

Seorang penumpang melakukan tap in di Halte Transjakarta Rawamangun

Pramono Minta Transjakarta Tingkatkan Layanan Sistem Pembayaran

Kamis, 30 Oktober 2025 1668

Pramono Beri Apresiasi dan Dorong Semangat Masyarakat Peduli Lingkungan

Pramono Beri Apresiasi dan Dorong Semangat Masyarakat Peduli Lingkungan

Selasa, 04 November 2025 553

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks