Dukcapil Jaktim Terapkan Standar Pelayanan Cepat, Mudah dan Akuntabel

Rabu, 10 Agustus 2022 Reporter: Nurito Editor: Budhy Tristanto 3374

Dukcapil Jaktim Terapkan Standar Pelayanan Cepat, Mudah dan Akuntabel

(Foto: Nurito)

Guna memudahkan warga mendapatkan layanan administrasi kependudukan, Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Timur, menerapkan standar pelayanan baru yang lebih cepat, mudah, efisien dan akuntabel

Semua layanan dipermudah dan gratis

Kasubag Tata Usaha Sudin Dukcapil Jakarta Timur, Sutikno mengatakan, standar layanan yang diberikan kepada masyarakat saat ini lebih cepat dari sebelumnya dan dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Alpukat Betawi atau alpukat-dukcapil.jakarta.go.id. Kemudian, melalui nomor WhatsApp Djawara di nomor 081285277751.

Untuk menjangkau langsung masyarakat, ungkap Sutikno, layanan juga bisa dilakukan di 65 kelurahan dan 10 kecamatan. Sehingga, warga tidak perlu jauh datang ke kantor Sudin Dukcapil Jakarta Timur.

"Prinsipnya, semua jenis layanan Sudin Dukcapil ini dipermudah,” kata Sutikno, Rabu (10/8).

Dia mengungkapkan, ada 30 jenis layanan yang diberikan pihaknya, antara lain standar pelayanan penerbitan Kartu Keluarga, penerbitan KTP-el, penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA), perpindahan penduduk.

Lalu pembatalan dokumen pendaftaran penduduk tanpa melalui penetapan pengadilan (contrarius actus), perekaman KTP-el bagi penduduk yang tidak mampu melaporkan sendiri dan jenis pelayanan lainnya.

"Semua jenis layanan ini gratis dan warga harus mengurusnya sendiri, tidak perlu meminta bantuan orang lain karena semuanya sangat mudah,” lanjut Sutikno.

Untuk memberikan kepuasan masyarakat, ungkap Sutikno,  Dukcapil Jaktim selalu memberikan layanan yang akuntabel, ramah, cepat, tepat, mudah. profesional dan gratis.

Disebutkan Sutikno, pihaknya juga menyediakan layanan aduan bagi warga melalui melalui nomor  081388249415 dan 081388590204 atau melalui email dukcapil.jt@jakarta.go.id.

BERITA TERKAIT
Warga Bambu Apus Apresiasi Layanan Dukcapil

Warga Bambu Apus Apresiasi Layanan Adminduk Perubahan Nama Jalan

Rabu, 29 Juni 2022 1984

Sudin Dukcapil Gelar Layanan Jemput Bola di RW 13 Malaka Jaya

Warga RW 13 Malaka Jaya Nikmati Layanan Keliling Sudin Dukcapil Jaktim

Selasa, 28 Desember 2021 3191

BERITA POPULER
Petugas memadamkan kebakaran rumah di Pondok Pinang

Kebakaran di Pondok Pinang Diduga Dipicu Korsleting

Minggu, 02 November 2025 1259

Ketua DPRD Dukung Relaksasi Pajak untuk Jaga Daya Beli Warga

Ketua DPRD Dukung Relaksasi Pajak untuk Jaga Daya Beli Warga

Minggu, 02 November 2025 1136

Seorang penumpang melakukan tap in di Halte Transjakarta Rawamangun

Pramono Minta Transjakarta Tingkatkan Layanan Sistem Pembayaran

Kamis, 30 Oktober 2025 1650

Pramono Beri Apresiasi dan Dorong Semangat Masyarakat Peduli Lingkungan

Pramono Beri Apresiasi dan Dorong Semangat Masyarakat Peduli Lingkungan

Selasa, 04 November 2025 443

Transjakarta Menuju Smart Mobility, Fondasi Jakarta 500 Tahun

Targetkan 400 Juta Pelanggan, Transjakarta Menuju Fase Smart Mobility

Selasa, 04 November 2025 431

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks