Dinas SDA Lakukan Perawatan 10 Alat Pengukur Curah Hujan

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Rio Sandiputra | Jumat, 06 November 2020 09:22 WIB | Dibaca 1319 kali
Dinas SDA Lakukan Perawatan 10 Alat Pengukur Curah Hujan (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta melakukan perbaikan dan pemeliharaan terhadap 10 unit Automatic Rainfall Recorder (ARR). Perbaikan dan pemeliharaan ini dilakukan agar dapat berfungsi dengan baik.

" Komponen yang rusak seperti, Mechanical Shaft Encoder, Charger Controller, Solar Panel, dan GSM Modem"

Kepala Satuan Pelaksana Sistem Informasi Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Anwar Sobandi menjelaskan, ARR yaitu peralatan yang digunakan untuk menghitung jumlah curah hujan dalam satuan waktu tertentu secara otomatis dengan bantuan solar panel dan baterai sebagai sumber listriknya.

Pelaksanaan perbaikan dan pemeliharaan dimulai sejak pertengahan September 2020 dan saat ini seluruh alat ARR sudah berfungsi dengan baik.

"Perbaikan dan pemeliharaan alat ARR dilakukan dengan cara mengganti komponen-komponen yang rusak seperti, Mechanical Shaft Encoder, Charger Controller, Solar Panel, dan GSM Modem," ungkap Anwar, Jumat (5/11).

Menurutnya, perbaikan dan pemeliharaan 10 alat ARR dirasa perlu karena data curah hujan yang dihasilkan dapat dimanfaatkan sebagai data dasar analisa hidrologi.

"Selain itu juga dapat dimanfaatkan untuk mengetahui berapa curah hujan suatu wilayah pada saat terjadinya hujan secara realtime," ucap Anwar.

ARR teraebut berada di Pintu Air Manggarai, Pintu Air Karet, PS. Krukut Hulu, Bendung Katulampa, PS. Cipinang Hulu, Pintu Air Cideng, Rumah Pompa Pluit, Rumah Pompa Pasar Ikan, Pintu Air Marina Ancol dan Rumah Pompa Yos Sudarso 1.

TOP