Genangan Rob di Muara Angke Berangsur Surut

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Erikyanri Maulana | Selasa, 20 Oktober 2020 17:25 WIB | Dibaca 579 kali
Genangan Rob di Muara Angke Berangsur Surut (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Dua unit pompa mobile portable dioperasikan untuk mengatasi genangan rob di kawasan Jl Dermaga dan sebagian permukiman warga Muara Angke, RW 22 Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara. Saat ini genangan berangsur surut.

"Dua unit pompa di Rumah Pompa Waduk Muara Angke juga sudah kita aktifkan, "

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Utara, Adrian Mara Maulana mengatakan, masing-masing pompa mobile portable yang dioperaskan berkapasitas 300 liter per detik. Kedua pompa diaktifkan untuk mempercepat proses mengalirkan air ke muara Kali Asin. 

"Dua unit pompa di Rumah Pompa Waduk Muara Angke juga sudah kita aktifkan. Pompa mobile membantu agar lebih cepat surut," ujarnya, Selasa (20/10). 

Dijelaskan Adrian, kedua unit pompa di rumah pompa tersebut masing-masing memiliki kekuatan sekitar 1 meter kubik per detik. Diharapkan, dengan dioperasikannya dua unit pompa mobile untuk membantu pompa stationer di rumah pompa bisa mempercepat genangan surut. 

Lurah Pluit, Rosiwan menjelaskan, genangan rob terjadi lantaran air muka laut tinggi dan melimpas melalui bagian ujung dermaga Kali Adem, Pelabuhan Muara Angke. Air limpasan terjadi sejak siang tadi dan mengalami puncak ketinggian genangan hingga sekitar 15 sentimeter. 

"Puncaknya tadi itu antara pukul 11.00 sampai 14.00. Setelah ada pompa bantuan, kondisi genangan sore ini berangsur surut," tandasnya. 

TOP