Program JakWIFI Bantu Hemat Pengeluaran Munawaroh

Reporter : Suparni | Editor : Budhy Tristanto | Jumat, 04 September 2020 15:09 WIB | Dibaca 796 kali
Program JakWIFI Bantu Hemat Pengeluaran Munawaroh (Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Sepekan setelah dilaunching Gubernur Anies Baswedan, program internet untuk semua atau JakWIFI telah dirasakan manfaatnya oleh banyak warga DKI Jakarta, termasuk mereka yag tinggal di wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu .  

"Biaya untuk membeli kuota, bisa saya gunakan untuk menabung "

Salah satunya adalah Munawaroh, warga RT 07/03 Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara. Perempuan berusia 40 tahun yang berprofesi sebagai guru honorer ini mengaku sangat terbantu dengan adanya fasilitas jaringan internet gratis dari Pemprov DKI Jakarta ini.

Dia menuturkan, selama ini harus menyisihkan biaya rumah tangganya sebesar Rp500 ribu guna keperluan pembelian kuota internet untuk tiga anaknya. Dua anak Munawaroh yang masih sekolah di Madrasah Tsanawiyah (setingkat SMP,red) selama ini sangat memerlukan kuota internet untuk proses belajar jarak jauh. Begitu juga dengan anak sulungnya yang kuliah di Jakarta.

Dengan penghasilan dirinya sebagai guru honorer serta suaminya yang bekerja sebagai juru mudi kapal ojek antar pulau, budget Rp 500 ribu untuk membeli kuota selama ini memang terasa memberatkan. Karena itu, dia bersyukur dengan adanya program JakWIFI ini.  

"Program JakWIFI ini menghemat pengeluaran untuk membeli kuota internet," ujar Munawaroh, Jumat (4/9).

Dengan adanya program JakWIFI, lanjut Munawaroh, tiga anaknya sekarang bisa mengikuti proses pembelajaran dari sekolah dan kampusnya tanpa harus pusing membeli kuota internet.

"Sekarang anak saya bisa akses internet dari samping kantor kelurahan. Biaya untuk membeli kuota, bisa saya gunakan untuk menabung," tuturnya.

Sementara itu, Lurah Pulau Panggang, Pepen Kuswandi menjelaskan, saat ini akses internet gratis bisa dijangkau warga dari depan dan samping kantor kelurahan, RPTRA Tanjung Elang Berseri dan depan RSUD Pulau Pramuka. Nantinya, akses ini akan diperluas sehingga seluruh warga bisa mengakses internet gratis program JakWIFI tersebut.

"Kami berharap, spot lokasinya bisa diperbanyak, sehingga semua warga khususnya yang memiliki anak sekolah bisa mengakses internet gratis dan merasakan manfaatnya," tandasnya.

TOP