Legislator Minta Pemprov Fasilitasi Layanan Internet Bagi Siswa Kurang Mampu

Reporter : Maulana Khamal Macharani | Editor : Budhy Tristanto | Senin, 03 Agustus 2020 20:14 WIB | Dibaca 572 kali
Legislator Minta Pemprov Fasilitasi Layanan Internet Bagi Siswa Kurang Mampu (Foto : Maulana Khamal Macharani / Beritajakarta.id)

Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Lukmanul Hakim, meminta pihak eksekutif memfasilitasi layanan internet gratis untuk siswa dari keluarga kurang mampu agar mereka dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) dari rumah.

"W ifi gratis untuk sarana belajar siswa dari keluarga miskin dan kurang mampu"

Menurutnya, sistem belajar online yang diterapkan saat ini cukup membebani masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi. Terlebih, mereka yang orang tuanya terkena PHK akibat pandemi COVID-19.

"Kami meminta agar pemprov menyiapkan layanan internet gratis, terutama di permukiman kumuh yang padat penduduk," ujarnya Senin (3/8).

Menurut dia, kebijakan sekolah dari rumah dengan sistem online saat ini memaksa para orang tua siswa untuk mengeluarkan biaya lebih karena harus membeli kuota internet. Ini sangat memberatkan kondisi ekonomi bagi keluarga yang kurang mampu.    

Untuk itu, Lukman meminta pihak eksekutif segera menggandeng penyedia jasa atau provider internet untuk menyediakan wifi gratis bagi masyarakat kurang mampu. Wifi gratis itu, Sambung lukman, nantinya bisa disediakan bagi warga di pos RW setempat atau di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) serta kantor kelurahan.

"Ini harus dipikirkan Pemprov DKI, wifi gratis untuk sarana belajar siswa dari keluarga miskin dan kurang mampu," pungkasnya.

TOP