24 Mobil Damkar Atasi Kebakaran di Rawamangun

Reporter : Nurito | Editor : Erikyanri Maulana | Kamis, 09 Juli 2020 19:55 WIB | Dibaca 677 kali
24 Mobil Damkar Atasi Kebakaran di Rawamangun (Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Kebakaran yang menghanguskan 25 rumah di Jl Pemuda I, RT 03/02 Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur, berhasil dipadamkan petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Timur, Kamis (9/7) sore.

"Api dengan cepat membesar, "

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, kebakaran diduga bermula dari kompor gas yang tengah digunakan memasak ditinggal pergi oleh pemiliknya. Dengan cepat api membesar hingga menjalar ke bangunan lain di sekitarnya. Warga telah berupaya memadamkan kobaran api menggunakan peralatan seadanya, namun api tetap membesar dan sulit dipadamkan. Kondisi ini membuat suasana semakin panik. Sebagian warga lainnya tampak sibuk mengevakuasi barang-barang berharga milik mereka untuk dievakuasi ke lokasi yang lebih aman.

"Api dengan cepat membesar, kita semua panik dan berupaya menyelamatkan diri. Barang-barang semuanya terbakar di dalam rumah tanpa bisa diselamatkan," tutur Santi (37), salah seorang warga.

Kasi Pengendalian Kebakaran dan Penyelamatan Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan, pihaknya masih menunggu kepolisan yang tengah melakukan penyelidikan terkait kasus kebakaran ini. Sejauh ini juga belum diketahui kerugian materiel yang ditimbulkan akibat peristiwa ini. Namun, kebakaran ini menyebabkan 25 kepala keluarga atau sebanyak 115 jiwa kehilangan tempat tinggalnya.

"Dugaan sementara kebakaran disebabkan dari kompor gas yang sedang digunakan memasak ditinggal oleh pemiliknya. Tidak ada korban jiwa maupun luka akibat kebakaran ini," ujar Gatot.

Untuk memadamkan kebakaran ini, sambung Gatot, pihaknya mengerahkan 24 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) berikut 120 personelnya. Kebakaran yang terjadi pukul 15.50 tersebut baru bisa dipadamkan 1,5 jam kemudian. Saat ini lokasi kebakaran sudah dipasangi garis polisi.

TOP