PMI Jaktim Adakan Sosialisasi Program Penguatan Respons COVID-19

Reporter : Nurito | Editor : Erikyanri Maulana | Rabu, 08 Juli 2020 21:09 WIB | Dibaca 563 kali
PMI Jaktim Adakan Sosialisasi Program Penguatan Respons COVID-19 (Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

PMI Jakarta Timur mengadakan sosialisasi program penguatan respons COVID-19 tingkat masyarakat di kantornya, Rabu (8/7).

"Ini merupakan bentuk pelibatan peran serta masyarakat secara intens dalam penanggulangan dan pencegahan penyebaran COVID-19, "

Ketua PMI Jakarta Timur, HR Krisdianto mengatakan, sosialisasi ini diikuti 71 peserta yang terdiri dari 10 pengurus PMI kecamatan, 30 lurah, dan 31 perwakilan RW. Narasumber dalam kegiatan ini di antaranya, Kepala Divisi Pelayanan Kesehatan dan Sosial PMI, Eka Wulan Cahya Sari dan Kepala Bidang Pelayanan PMI DKI Jakarta, Herman.

"Ini merupakan bentuk pelibatan peran serta masyarakat secara intens dalam penanggulangan dan pencegahan penyebaran COVID-19," ujar Krisdianto.

Menurutnya, program penguatan respons COVID-19 di tingkat masyarakat ini merupakan program nasional dari Palang Merah Indonesia. Selain di DKI Jakarta, program ini juga sudah berjalan di beberapa provinsi seperti di Banten, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan.

Dia menambahkan, beberapa implementasi yang dilakukan dari kegiatan ini adalah melakukan kunjungan dari rumah ke rumah warga, terkait sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Kemudian, melakukan pemantauan wilayah zona merah penyebaran COVID-19, membangun dan memperkuat jejaring respons COVID-19 di wilayah dan jejaring komunikasi risiko.

Selain itu, masyarakat juga mendapatkan manfaat berupa konsultasi hotline, layanan ambulans /desinfeksi, distribusi layanan bantuan, surveilans berbasis masyarakat dan teletraining bagi masyarakat.

TOP