10 Kelurahan di Jaksel Jadi Proyek Percontohan Sumur Resapan

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Andry | Selasa, 07 Juli 2020 18:35 WIB | Dibaca 443 kali
10 Kelurahan di Jaksel Jadi Proyek Percontohan Sumur Resapan (Foto : Mustaqim Amna / Beritajakarta.id)

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan tengah menyiapkan 10 kelurahan di wilayahnya sebagai proyek percontohan (pilot project) pembangunan sumur resapan dalam Kegiatan Strategis Daerah (KSD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

" Ini merupakan upaya kita agar air hujan tidak langsung mengalir ke saluran"

"Ini merupakan upaya kita agar air hujan tidak langsung mengalir ke saluran. Debit air akan ditampung sementara dan meresap ke area yang sudah ditentukan," ujar Mukhlisin, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Jakarta Selatan, Selasa (7/7).

Ia menyebutkan, 10 kelurahan yang menjadi proyek pencontohan pembangunan sumur resapan ini terdiri dari Cipedak, Srengseng Sawah, Mampang Prapatan, Cilandak Barat, Pondok Labu, Jati Padang, Pesanggrahan, Pondok Pinang, Cipete Utara dan Karet Semanggi.

"Setiap kelurahan nanti memberikan lokasi pembangunan sumur resapan ke Sudin SDA Jakarta Selatan. Jadi bisa diketahui di mana lokasi yang pantas dan layak dibuat sumur resapan. Karena ini akan ditiru wilayah lain," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas SDA Jakarta Selatan, Mustajab menuturkan, sumur resapan yang akan dibuat mengusung konsep zero ramp off, sehingga nantinya mampu mengatasi genangan air di banyak tempat.

"Kita akan buat dengan diameter 80 hingga 100 sentimeter. Kedalamannya tiga hingga empat meter," tandasnya.

TOP