Petugas Evakuasi Kapal Karam di Dermaga Rawaseban

Reporter : Suparni | Editor : Budhy Tristanto | Jumat, 03 Juli 2020 10:51 WIB | Dibaca 554 kali
Petugas Evakuasi Kapal Karam di Dermaga Rawaseban  (Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Petugas Sektor 8 Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Jumat (3/7), berhasil mengevakuasi kapal pengangkut sembako yang karam saat baru berlayar dari Dermaga Rawaseban, Tangerang, menuju Dermaga Pulau Pari.

"Satu unit pompa apung kita kerahkan untuk penyedotan air di lambung kapal  "

Kepala Sektor 8 Kepulauan Seribu Sudin Gulkarmat Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Eko Mahendro mengatakan, pihaknya mengerahkan petugas Pos Pulau Pari ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi dan penyedotan air dari lambung kapal untuk dikeringkan.

"Satu unit pompa apung kita kerahkan untuk penyedotan air di lambung kapal yang saat ini sudah dievakuasi di Dermaga Rawasaban,"  ujarnya.

Lurah Pulau Pari, Mahtum mengatakan, seluruh awak kapal dan penumpang serta sembako yang diangkut kapal tersebut dapat diselamatkan oleh nelayan. Selanjutnya, sembako dan penumpang dievakuasi dengan menggunakan kapal KM Avatar menuju Pulau Pari.

"Kapal yang mengalami kecelakaan, saat ini masih dalam penanganan petugas Gulkarmat," tandasnya.

Dijelaskan Mahtum, kecelakaan ini terjadi, Kamis (2/7) sore kemarin, saat kapal hendak bertolak dari Dermaga Rawaseban menuju Pulau Pari. Ketika itu, kapal tiba tiba miring dan lambungnya kemasukan air akibat baling-baling yang tersangkut sampah. Kondisi ini membuat kapal karam dan harus dievakuasi petugas.  

TOP