Pemkot Jakpus Gandeng PMI Bentuk RW Tanggap COVID-19

Reporter : Adriana Megawati | Editor : Andry | Selasa, 30 Juni 2020 17:53 WIB | Dibaca 532 kali
Pemkot Jakpus Gandeng PMI Bentuk RW Tanggap COVID-19 (Foto : Adriana Megawati / Beritajakarta.id)

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) untuk membentuk RW Tanggap COVID-19 di 44 kelurahan yang tersebar di wilayahnya.

" Jadi RW yang bagus kinerjanya dan dapat mengerakan warganya bakal dipilih"

Asisten Administrasi dan Kesejahtraan Rakyat Jakarta Pusat, Muhammad Fahmi mengatakan, program RW Tanggap COVID-19 ini akan diikuti 30 RW yang nantinya dipilih pihak kecamatan setempat karena memiliki rekam jejak aktif menggerakan warga untuk memerangi COVID-19.

"Jadi RW yang bagus kinerjanya dan dapat mengerakan warganya bakal dipilih," ujarnya, Selasa (30/6).

Sementara itu, Ketua Harian PMI Jakarta Pusat, Asep Djuanda menambahkan, 30 RW yang terpilih dalam program ini akan mendapatkan dana bantuan sebesar Rp 5 juta per RW. Dana tersebut nantinya dapat digunakan untuk membeli berbagai kebutuhan seperti disinfektan dan Alat Pelindung Diri (APD).

Ia melanjutkan, RW yang terpilih nantinya juga harus melakukan sosialisasi kepada warga tentang tata cara pencegahan COVID-19 mulai dari mengenakan masker, menerapkan physical distancing hingga mendata warga yang keluar masuk wilayah.

"PMI juga akan menyalurkan wastafel untuk 44 kelurahan dan 24 wastafel untuk pasar di Jakarta Pusat. Lokasi penempatannya masih dikoordinasikan dengan kecamatan dan kelurahan terkait," tandasnya.

TOP