Ratusan Pedagang Pasar Tanah Abang Ikut Tes Rapid dan Swab

Reporter : Adriana Megawati | Editor : Erikyanri Maulana | Selasa, 23 Juni 2020 15:27 WIB | Dibaca 740 kali
Ratusan Pedagang Pasar Tanah Abang Ikut Tes Rapid dan Swab (Foto : Adriana Megawati / Beritajakarta.id)

Ratusan pedagang Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat mengikuti tes rapid dan swab Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) yang digelar Puskesmas Kecamatan Tanah Abang.

"Ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona, "

Camat Tanah Abang, Yassin Pasaribu mengatakan, 12 tenaga medis dikerahkan untuk melakukan pemeriksaan serangkaian tes terhadap 149 pedagang yang tersebar di Blok A dan Blok B Tanah Abang. Ia pun merinci, terdapat 77 pedagang yang mengikuti tes rapid dan 72 pedagang mengikuti tes swab.

"Hasil tes swab baru bisa diketahui tiga sampai lima hari mendatang. Untuk 77 pedagang yang mengikuti rapid, hasilnya ada 11 pedagang yang reaktif dan langsung mengikuti tes swab," ujar Yassin, Selasa (23/6).

Ia melanjutkan, pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi ini, hendaknya para pedagang selalu menerapkan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) dan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dengan cara memakai masker, sarung tangan, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun serta menjaga jarak aman minimal satu meter.

"Setiap kios juga kita terapkan sistem ganjil-genap. Jadi yang punya kios nomor ganjil, masuknya di tanggal ganjil. Ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona," tandasnya.

TOP