Legislator Dukung Penerapan Masa Transisi

Reporter : Maulana Khamal Macharani | Editor : Budhy Tristanto | Kamis, 04 Juni 2020 20:00 WIB | Dibaca 482 kali
Legislator Dukung Penerapan Masa Transisi (Foto : Maulana Khamal Macharani / Beritajakarta.id)

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, mendukung masa transisi menuju masyarakat aman, sehat, dan produktif selama Juni yang diterapkan eksekutif, Kamis (4/6).  

" Kita berharap kedepan apa yang telah disiapkan bisa berjalan dengan lancar"

Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta, Mujiyono berpendapat, penetapan bulan Juni sebagai masa transisi dan dilanjutkannya masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 DKI Jakarta perlu didukung karena potensi penularan masih dapat terjadi.

"Terlebih kita baru saja menghadapi momen Idul Fitri, di mana ada tradisi mudik. Dampak dari arus balik ini harus benar-benar dicermati. Jika kita lengah, bukan tidak mungkin kurva COVID-19 akan menanjak kembali," ujarnya Kamis, (4/6).

Selain itu, dia berpendapat, salah satu fase transisi penting menuju pemberlakuan new normal adalah Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Lokal (PSBL) di tingkat RW.

Melalui penerapan PSBL tersebut,dia berharap, jumlah kasus positif COVID-19 dapat berkurang secara drastis.

"Penuruan jumlah kasus terjadi karena adanya pembatasan aktivitas warga secara ketat yang dapat mencegah terjadinya transmisi lokal COVID-I9 di Provinsi DKI Jakarta," ucapnya.

Hal senada diutarakan anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta, Basri Baco. Menurutnya, saat ini adalah waktunya Ibu Kota DKI Jakarta belajar hidup gaya baru secara bertahap mengingat adanya tuntutan ekonomi akibat terjadinya pandemi COVID-19.

Dia mengingatkan, agar pada masa transisi ini Pemprov DKI benar-benar tegas dalam melakukan pengawasan sebelum menuju new normal guna memberikan efek jera bagi yang tidak menerapkan protokol pencegahan COVID-19.

"Siapa tidak pakai masker kita denda, Mall mana tidak terapkan protokol covid kita tindak, Pemprov jangan capek jangan pegel berikan informasi terkini hingga kita terbisa hidup normal gaya baru," ungkapnya

Ia berharap, fase-fase pelonggaran PSBB transisi seperti yang telah dipaparkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, bisa terealisasi dengan baik sesuai harapan bersama yakni menuju masyarakat aman, sehat, dan produktif.

"Kita berharap kedepan apa yang telah disiapkan bisa berjalan dengan lancar," tandasnya.

TOP