Operasional Bilik Sehat di Pademangan Bakal Libatkan Warga

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Senin, 01 Juni 2020 18:48 WIB | Dibaca 764 kali
Operasional Bilik Sehat di Pademangan Bakal Libatkan Warga (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Pemerintah Kota Jakarta Utara menyiapkan 30 unit Bilik Sehat untuk isolasi mandiri orang tanpa gejala (OTG) COVID 19 di Gelangang Olahraga Remaja (GOR) Kecamatan Pademangan. Pengoperasian fasilitas ini rencananya akan melibatkan masyarakat sebagai bentuk kolaborasi.

" Kita berharap bisa segera dioperasionalkan."

Camat Pademangan, Mumu Mujtahid menjelaskan, fasilitas tersebut saat ini masih terus disiapkan oleh pihak Puskesmas kecamatan sebagai lokasi alternatif bila warga tidak memiliki tempat yang representatif untuk mengisolasi diri.

"Kita berharap bisa segera dioperasionalkan. Tapi kapan dimulai, tentu semua berdasarkan rekomendasi dari puskesmas," katanya, Senin (1/6).

Dilanjutkan Mumu, secara teknis nantinya warga yang menggunakan fasilitas itu harus melalui rekomendasi dari pihak Puskesmas Kecamatan Pademangan. Demikian juga petugas kesehatan di GOR Kecamatan Pademangan juga disiapkan dari Puskesmas.

Tidak hanya petugas kesehatan, pengoperasionalan fasilitas tersebut dijelaskan Mumu juga akan melibatkan warga. Kehadiran mereka nantinya akan menjadi bagian dari suporting dan memastikan kondisi keluarga warga yang diisolasi dalam keadaan baik.

"Mereka tidak diperkenankan masuk area dalam perawatan. Untuk supporting saja dan memastikan tetangganya menjalani isolasi dengan baik dan keluarga yang ditinggal diperhatikan," tegasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko mengungkapkan, pendirian fasilitas isolasi di GOR Kecamatan Pademangan itu sudah mendapat dukungan dari unsur-unsur masyarakat seperti RT, RW, LMK maupun FKDM.

"Dengan kedekatan akses dan interaksi masyarakat yang homogen karena saling mengenal, harapannya dapat menambahkan semangat untuk bisa segera sembuh," tandasnya.

TOP