Petugas TPU Pulau Tidung Diajarkan Pemulasaran Jenazah Terpapar COVID

Reporter : Suparni | Editor : Budhy Tristanto | Jumat, 22 Mei 2020 16:40 WIB | Dibaca 286 kali
Petugas TPU Pulau Tidung Diajarkan Pemulasaran Jenazah Terpapar COVID (Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Delapan petugas TPU Kelurahan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan, Jumat (22/5), mengikuti pelatihan dan simulasi pemulasaran jenazah terpapar COVID-19 yang diadakan Unit Kerja Teknis (UKT) 2 Kepulauan Seribu di halaman kantor kelurahan setempat.

"Pelatihan dan praktek ini untuk antisipasi agar petugas lebih sigap dan tepat dalam menangani jenazah COVID-19. "

Ketua UKT 2 Kepulauan Seribu, Sofyan mengatakan, dalam kegiatan ini peserta diajarkan cara penggunaan APD yang tepat, cara membungkus jenazah dan protokol kesehatan saat memakamkan maupun usai memakamkan jenazah.

"Pelatihan dan praktek ini untuk antisipasi agar petugas lebih sigap dan tepat dalam menangani jenazah COVID-19," ujarnya, Jumat (22/5).

Dalam simulasi tersebut, jelas Sofyan, petugas mempraktekkan pemulasaran jenazah di halaman kantor kelurahan kemudian membawa jenazah dengan peti menuju TPU dengan menerapkan protokol kesehatan.

Lurah Pulau Tidung, Hafsah menyatakan, pelatihan dan simulasi ini sangat penting untuk menambah pengetahuan petugas TPU.

"Mereka butuh pengetahuan dan keahlian menangani jenazah terpapar COVID-19. Karena ini di luar kebiasaan cara menangani jenazah pada kondisi normal," tandasnya.

TOP