Jamban Apung di Pulau Kelapa Ditertibkan

Reporter : Suparni | Editor : Budhy Tristanto | Rabu, 19 Februari 2020 12:45 WIB | Dibaca 533 kali
Jamban Apung di Pulau Kelapa Ditertibkan (Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Dalam upaya menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, Kelurahan Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara, Rabu (19/2), menertibkan empat jamban apung (helikopter) di wilayah RW 03 dan RW 04.

"Kita juga mengedukasi warga di pesisir pantai untuk merubah kebiasaan lama dengan membangun toilet di rumah, "

Lurah Pulau Kelapa, Madi M Dali mengatakan, sebelum melakukan penertiban pihakya sudah mensosialisasikan tentang rencana pembongkaran jamban apung ini kepada warga sekitar.

"Selain menjaga estetika pantai, kita juga mengedukasi warga di pesisir pantai untuk merubah kebiasaan lama dengan membangun toilet di rumah," ujarnya.

Menurutnya, penertiban ini juga terkait dengan upaya Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu untuk menciptakan pulau permukiman yang berwawasan pariwisata melalui program Seribu Warna.

Madi berharap,organisasi perangkat daerah (OPD) terkait bisa membangun jamban komunal bagi warga yang belum memiliki toilet pribadi di rumahnya

"Pantai sebagai halaman paling depan pulau harus dijaga ketertiban dan estetikanya agar terlihat bersih dan indah dipandang mata," tandasnya.

Selain di Kelurahan Pulau Kelapa, kegiatan serupa juga dilakukan petugas gabungan di Kelurahan Pulau Panggang.  

Lurah Pulau Panggang, Pepen Kuswandi menjelaskan, pihaknya menertibkan tiga jamban apung di tiga lokasi yang ada di wilayah RW 03.

Dia juga mengimbau warganya agar membangun jamban di rumah masing-masing, serta berperilaku hidup bersih dan sehat.

"Harapannya Sudin terkait bisa membantu memfasilitasi pembangunan jamban komunal untuk sementara waktu sebelum warga bisa membangun jamban pribadi," katanya.

TOP