Kantor Sudin Dukcapil Jakbar Kembali Beroperasi

Reporter : Rudi Hermawan | Editor : Andry | Rabu, 22 Januari 2020 17:07 WIB | Dibaca 725 kali
Kantor Sudin Dukcapil Jakbar Kembali Beroperasi (Foto : Rudi Hermawan / Beritajakarta.id)

Gedung Kantor Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sudin Dukcapil) Jakarta Barat di Jalan Meruya Utara, tepatnya sisi timur Jakarta Outer Ring Road West Two (JORR W2) telah selesai direnovasi.

"Pelayanan sudah kembali di gedung lama sejak dua hari lalu, "

Saat ini pelayanan dokumen administrasi kependudukan (adminiduk) di gedung tersebut sudah kembali beroperasi normal.

Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Barat, Rosyik M mengatakan, selama proses perbaikan, pihaknya mengontrak satu rumah di Jalan Kavling DKI, RT 05/01, Meruya Utara, Kembangan. Ini dilakukan agar pelayanan dokumen adminduk tetap berjalan normal. Namun karena saat ini perbaikan telah selesai, maka pelayanan kembali ke kantor lama.

"Pelayanan sudah kembali di gedung lama sejak dua hari lalu," ujarnya, Rabu (22/1).

Ia menjelaskan, gedung yang baru diperbaiki ini terdiri dari tiga lantai. Namun seluruh pelayanan dipusatkan di lantai dasar dengan lima loket pelayanan dan 15 petugas jaga. Pelayanan sendiri dibuka dari Senin hingga Kamis pada pukul 07.30-16.00 dan Jumat pada pukul 08.00-16.30.

Jenis pelayanan adminduk di gedung ini beragam mulai dari akta perkawinan, akta perceraian hingga perbaikan atau perubahan data akta dan lainnya. Termasuk pelayanan dokumen kependuduikan pindah datang antar provinsi. Sedangkan akta kelahiran dan kematian dimohankan di kelurahan. 

Adapun pelayanan paling banyak diajukan masyarakat yakni akta perkawinan, perceraian serta perubahan atau perbaikan data.

"Sekarang pelayanan sudah normal seperti biasa. Rata-rata per hari ada 100 hingga 150 pelayanan. Kami berkomitmen memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat,” tandasnya.

TOP